Koordinator Daerah Kemenhan Inginkan Kepri Raih Juara I

by
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MK) – Koordinator Daerah Provinsi Kepulauan Riau dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Kolonel Marinir Enjang Suryana menginginkan pelajar Kepri meraih juara satu tingkat nasional dalam program cinta tanah air pada September 2015 mendatang di Jakarta.

“Hal ini, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Karena tahun 2014 lalu, Kepri ini meraih nomor dua. Mudah – mudahan tahun ini juara I,” ujar Enjang kepada media ini usai menggelar pertemuan dengan puluhan pelajar dari masing – masing perwakilan SMA se Tanjungpinang di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0315 Bintan, Sabtu (16/5).

Enjang juga mengatakan, perlombaan yang akan diikuti pelajar SMA ini nantinya dimulai ditingkat daerah dulu.

“Mudah – mudahan tahun ini ada 50 tim, dan satu timnya ada tiga orang. Nanti akan diambil juara I, II dan III untuk tingkat daerah, kemudian saya akan beri hadiah,” ucapnya.

Dari tiga tim itu, kata Enjang, juara satu tingkat provinsi ini akan dibawa ke Jakarta untuk mengikuti lomba tingkat nasional. Dan itu panitianya dari pusat.

“Jenis perlombaan tingkat SLTA ini nantinya seperti cerdas cermat dan adu argumen tasi. Sedangkan, untuk mahasiswa dan mahasiswi membuat tulisan artikel dengan judul akan diberikan sebelum pelaksanaan,” paparnya.

Sementara, tambahnya, untuk materi pada perlombaan nanti, saat ini belum diberikan dari pusat.

“Tapi yang jelas mengenai materi wawasan kebangsaan, bela negara dan undang undang pemerintahan daerah. Materi itu yang akan diujikan nantinya,” jelas Enjang.

Ia mengatakan, kegiatan program cinta tanah air ini sudah dibentuk sejak tahun 2012 lalu, hingga saat ini sudah tiga kali, karena kegiatan ini satu tahun satu kali digelar.

“Kita sudah membentuk program cinta tanah air ini sudah sebanyak 200 orang alumni di Kepri,” ucapnya.

Selain itu, daya minat pelajar di Kepri pada program cinta tanah air ini, menurut Enjang, cukup banyak peminatnya.

“Untuk kedepannya, satu tim pemenang itu nanti, beserta guru pendamping, dan satu juara artikel termasuk saya sendiri akan sama sama berangkat ke Jakarta,” ujarnya.

Enjang menjelasan, selain program cinta tanah air ini, pihaknya juga mempunyai program pembinaan untuk alumni.

“Jadi mereka nantinya akan berkumpul disuatu wadah dan akan terbentuk satu organisasi,” katanya.

Selain itu, Enjang mengaku, kedepannya mereka juga embrio pembentukan kantor wilayah Kementerian Pertahanan di Provinsi Kepri ini.

“Sedangkan, pada acara hari ini (Sabtu) saya mengharapkan pelajar lebih banyak lagi berkumpul dan termasuk alumni tahun lalu,” ucapnya. (ALPIAN TANJUNG)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.