Aunur Prioritaskan Pertumbuhan Ekonomi Maritim Karimun

by -244 views
Gubernur Kepri, H.M Sani saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Karimun.
Gubernur Kepri, H.M Sani saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Karimun.

Tanjungpinang, (MK) – Bupati Karimun yang baru dilantik, Aunur Rafik menyampaikan, pembangunan jangka menengah yang akan dilaksanakannya di daerah Kabupaten Karimun yakni pada sector kemaritiman dan kepalabuhanan.

“Sesuai visi kita dan yang menjadi priotas yakni memusatkan pertumbuhan ekonomi maritim yang dilandasi iman dan taqwa,” ucap Aunur kepada Metrokepri.co.id usai dilantik di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (23/3).

Sekarang ini, dia akan menggesa pada sector kemaritiman dan keplabuhanan, dimana bongkar muat masih berada di kota.

“Kita sudah ke Dirjen Perhubungan, kita mohon setidaknya untuk melakukan pemindahan pelabuhan bongkar muat,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, kebutuhan dasar air bersih yang saat ini menjadi progresnya sudah dijalankan Satker Kementerian PU Pusat maupun dari APBD Karimun.

“Tidak hanya itu saja, masalah kelistrikan di Karimun akan dibangun dua kali 25 mega yang kita dorong agar cepat selesai, sehingga kebutuhan listrik terselasaikan sehingga kelebihan listrik dapat diterima oleh PLN, karena saat ini kebutuhan listrik di Karimun belum mencukupi,” katanya.

Sedangkan, kata dia, untuk reformasi dan birokrasi menyeluruh akan dilakukan setelah enam bulan kedepan.

“Penguatan kita ditatanan birokrasi, kita melakukan rapat efektif yang dilakukan di lingkungan kita dan melakukan uji kopetensi, sehingga saat kita melakukan rotasi dan mutasi,” ujarnya.

Dia mengemukakan, uji kopetensi ini juga menjadi bahan pertimbangan untuk menduduki jabatan tertentu yang memang ada di Kabupaten Karimun.

“Dengan uji kopetensi ini juga, kita dapat melihat kemampuan dan skil profesional dari pada pimpinan SKPD kita maupun BUMD yang dibawah naungan daerah,” paparnya.

Sementara, untuk meminimalisir tindakkan korupsi, Aunur akan mengupayakan secara eksternal dan internal yang sudah dilakukan.

“Secara internal, kita memperkuat inspektorat. Secara eksternal kita punya BPK dan BPKP yang setiap tahun dua kali masuk dan ini salah satu upaya untuk melakukan pengawasan,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, sistem pengelolaan keuangan berbasis kinerja yang artinya bagaimana kemajuan fisik dan kemajuan keuangan selalu dievaluasi.

“Maka pencapaian kinerja yang kita lakukan seimbang dengan penggunaan dana yang ada. Alhamdulilah, hari ini laporan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah Karimun mencapai nilai AA,” ucapnya. (RUDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.