Bahtiar Usulkan Kawasan Wisata Lagoi Dibuka Untuk Wisman

by -8 views
Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin Saat Berbincang
Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin Saat Berbincang
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Pjs Gubermur Kepri Bahtiar Baharuddin memastikan akan mengusulkan ke Pemerintah Pusat agar kawasan wisata Lagoi, Bintan Provinsi Kepri dibuka untuk kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman).

Sebab tidak ada alasan untuk melarang kunjungan wisman ke kawasan wisata di Bintan untuk saat ini dimasa pandemi Covid-19, karena kawasan wisata Lagoi, Bintan ini zero insiden Covid-19.

“Saya akan segera usulkan pengajuan agar Kawasan Wisata Lagoi, Bintan Provinsi Kepri segera dibuka untuk kunjungan wisman,” kata Bahtiar saat meninjau pelabuhan internasional Bandar Bintan Telani, Selasa (13/10/2020).

Bahtiar juga mengungkapkan, saat ini Pemerintah Pusat sudah akan membuka kunjungan wisman yang akan berkunjung ke Kota Batam.

Sehingga tegas Bahtiar, tidak ada alasan bagi Pemerintah Pusat masih tetap menutup pintu masuk bagi wisman ke kawasan wisata Lagoi, Bintan ini.

“Kawasan Lagoi, Bintan hampir semua sudah sangat siap dalam mengantisipasi pencegahan dan penyebaran Covid-19, dan juga sarana prasarana protokol kesehatan diperlakukan dengan cara sangat ketat sejak di pintu kedatangan,” ujarnya.

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin Saat Meninjau Pelabuhan Internasional
Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin Saat Meninjau Pelabuhan Internasional

Bahtiar juga mengaku bangga dan memberikan apresiasi setingi-tinginya kepada pihak pengelola kawasan wisata Lagoi, dimana setelah keliling dan melihat kawasan wisata Lagoi, Bintan yang sudah sangat siap dalam menyongsong kedatangan wisman dimasa pandemi Covid-19.

Jadi tidak ada alasan bagi siapapun yang mau datang dan berkunjung ke kawasan wisata Lagoi ini. Sebab, semua sudah terjamin dan sangat ketat penerapan protokol kesehatannya.

“Bahkan pengelola wisata Lagoi akan memiliki alat PCR sendiri, untuk pengecekan apabila ada yang terindikasi Covid-19,” kata Bahtiar lagi.

Dengan mewabahnya Covid-19 ini, diakui Bahtiar kunjungan wisman dan lokal ke Lagoi turun sangat derastis. Tentunya hal ini memukul dunia pariwisata di Lagoi dan umumnya di Indonesia.

“Kunjungan wisman dan lokal ke Lagoi tahun 2019 lalu mencapai 1.272.509 orang. Namun kunjungan wisman dan lokal sejak awal tahun 2020 hingga saat ini hanya 163.541 orang saja,” ujarnya.

Dengan penurunan jumlah kunjungan wisman ini tentunya pendapatan asli daerah (PAD) baik Pemerintah Kabupaten Bintan dan Pemprov Kepri turun derastis.

“Untuk itu kita akan usulkan pembukaan kunjungan wisman dan lokal ke Lagoi ini dan pastinya PAD akan mengikutinya,” harapnya.

Sementara Abdul Wahab selaku Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala mengatakan, pihaknya sudah sangat siap untuk menerima kunjungan wisatawan manca negara datang ke kawasan wisata Lagoi, Bintan, Provinsi Kepri di masa saat ini.

“Kami sudah sangat siap menerima kunjungan wisman ini. Protokol kesehatan yang diterapkan sudah sangat baik dan lengkap juga tentunya diterapkan secara ketat,” kata Wahab kepada Pjs Gubernur Kepri Bahtiar.

Wahab juga berjanji, pihaknya akan mematuhi semua aturan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

Sebab, bila pihaknya lalai dan ada kasus Covid-19 di kawasan wisata Lagoi ini, maka reputasi baik di tingkat nasional dan internasional akan rusak.

“Saya pastikan semua akan berjalan aman dan nyaman, juga terbebas dari Covid-19. Untuk itu kami meminta melalui Pak Gubernur untuk mengusulkan ke pusat, agar Lagoi ini diberikan izin dan menerima wisman,” harap Wahab. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.