BMKG: Curahan Hujan di Bulan Februari Termasuk Ekstrim

by -243 views
bmkg
bmkg

Tanjungpinang, (MK) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Kota Tanjungpinang menyatakan, curah hujan di bulan Februari 2016 termasuk cuaca ekstrim.

Salah satunya, hujan seharian yang mengguyur Kota Tanjungpinang pada Rabu 24 Februari 2016 yang sempat merendam beberapa lokasi perumahan dan jalan raya Kota Tanjungpinang.

Berdasarkan data BMKG Kota Tanjungpinang, selama 30 tahun kebelakang jumlah rata-rata curah hujan di Tanjungpinang pada bulan Februari sekitar 113,8 mm.

“Jumlah curah hujan selama satu jam lebih dari 20 mm dan selama 24 jam jumlah takaran curah hujan diatas 50 mm termasuk cuaca ekstrim,” ujar Kepala BMKG Kota Tanjungpinang, Dhira Utama kepada media, Jumat (26/2).

Menurut prakiraan BMKG, hujan yang mengguyur Tanjungpinang pada Rabu lalu berjumlah 84,9 mm. Sedangkan alat penakar hujan OBS yang dipasang di RRI memperkirakan jumlah hujan sebesar 189 mm.

“Jumlah itu termasuk besar untuk ukuran hujan sehari,” ucapnya.

Dhira juga menambahkan, dilihat dari rata-rata jumlah curah hujan setiap Februari selama ini, Februari termasuk bulan kering di Tanjungpinang.

“Data yang dimiliki BMKG dari 1 hingga 25 Februari 2016, jumlah curah hujan yang tercatat sudah mencapai 372,8 mm,” katanya.

Kepala BMKG Kota Tanjungpinang ini juga mengatakan, kondisi yang terjadi di Tanjungpinang saat ini sudah diatas normal.

“Penyebab tingginya curah hujan selama bulan februari ini, khususnya pada Rabu 24 Februari kemarin diatas normal atau dibawah normal terjadi jika ada ganguan dari dinamika atmosfir baik secara global, regional, dan lokal yang dapat mempengaruhi keadaan hujan pada suatu waktu dan wilayah tertentu,” ucapnya. (LIYANA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.