Bupati Buka Musrenbang Kabupaten Natuna Tahun 2020

by -42 views
Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal saat memberikan kata sambutan
Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal saat memberikan kata sambutan
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Natuna tahun 2020 di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Selasa 03 Maret 2020 malam.

Musrenbang Kabupaten ini, mengambil tema “Penguatan Ekonomi Menuju Masyarakat Yang Sejahtera”.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, Musrenbang yang dilaksanakan ini mempunyai arti penting dalam rangkaian penyusunan dokumen rencana pembangunan Kabupaten Natuna, sebab melalui musrenbang ini seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi atas program yang diusulkan sehingga tercapai kesepakatan terhadap materi rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2021.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Natuna, Mustoefa Al Bakry saat memberikan kata sambutan
Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Natuna, Mustoefa Al Bakry saat memberikan kata sambutan

Hasil kerja keras Pemerintah Kabupaten Natuna dan seluruh pihak terlihat dari pencapaian indikator makro pembangunan Kabupaten Natuna hingga Tahun 2019 diantaranya, tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan dibanding tahun 2018, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan, tingkat ketimpangan pembangunan yang diukur melalui Gini Ratio masih stabil, pertumbuhan ekonomi meningkat dan angka kemiskinan menurun dari tahun sebelumnya.

“Saya berharap, pemilihan tema “Penguatan Ekonomi Menuju Masyarakat Yang Sejahtera” pada Musrenbang RKPD Natuna Tahun 2021 dapat menjawab permasalah dan kebutuhan pembangunan di Natuna,” katanya.

Sementara, Ketua DPRD Natuna Andes Putra mengatakan pelaksanaan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2021 ini diharapkan mampu mewujudkan kesamaan pandangan dan pemahaman terkait kebijakan dan prioritas pembangunan Natuna kedepan.

“Dengan dilibatkannya DPRD dalam pembahasan ini, DPRD dapat memberikan masukan berupa aspirasi masyarakat atau hal-hal yang dibutuhkan masyarakat ketika kami melakukan kegiatan reses maupun kunjungan kerja di seluruh kecamatan di Kabupaten Natuna,” kata Andes.

Hamid Rizal memukul gong tanda dibukanya Musrenbang Kabupaten Natuna Tahun 2020
Hamid Rizal memukul gong tanda dibukanya Musrenbang Kabupaten Natuna Tahun 2020

Berdasarkan hasil kunjungan kerja dan hasil reses DPRD Natuna dalam menyerap aspirasi masyarakat, Andes menjelaskan, DPRD Natuna sudah menuangkannya kedalam pokok-pokok pikiran untuk dibahas secara intensif antara DPRD dengan Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Natuna, sekaligus sebagai Ketua Panitia Musrenbang, Mustoefa Al Bakry mengatakan, Musrenbang Kabupaten Natuna tahun 2020 ini merupakan satu kesatuan dari sistem perencanaan yang dilaksanakan setelah Musrenbang Desa dan Musrenbang Kecamatan dengan maksud agar proses sinkronisasi dapat dilakukan secara optimal.

Mustoefa menjelaskan, maksud dari pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Natuna Tahun 2020 ini adalah untuk mendapat masukan dalam menyempurnakan rancangan RKPD Kabupaten Natuna Tahun 2021 dengan menyusun prioritas pembangunan daerah dan pagu indikatif berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah.

“Musrenbang ini dilaksanakan dari 3 – 5 Maret 2020. Pesertanya terdiri dari Perangkat Daerah Kabupaten dan Kecamatan, DPRD Natuna, Instansi Vertikal, perwakilan masyarakat, perguruan tinggi, ormas, pelaku dunia usaha, BUMD dan unsur masyarakat lainnya,” imbuhnya.

Turut hadir dalam acara ini, FKPD, DPRD Natuna, Instansi Vertikal, OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ormas dan tamu undangan lainnya. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.