Cuaca Ekstrim, AKP Monang Berikan Imbauan ke Pemilik Kapal

by -88 views
unung Kijang AKP Monang P Silalahi saat memberikan imbauan kepada pemilik kapal dan nelayan
unung Kijang AKP Monang P Silalahi saat memberikan imbauan kepada pemilik kapal dan nelayan
Iklan Banner

Bintan, (MetroKepri) – Jelang penggantian tahun 2019, saat ini Pulau Bintan dan sekitarnya mengalami cuaca ekstrim yang berubah-ubah di musim angin utara.

Akan hal tersebut, Polres Bintan melalui Polsek Gunung Kijang dalam kegiatan Polisi Masyarakat (Polmas), Kapolsek AKP Monang P Silalahi memberikan imbauan kepada Nelayan dan pemilik kapal di jalan Wisata Bahari Kelurahan Kawal Kecamatan Gunung Kijang, Jum’at (6/12/2019).

“Kita mengimbau kepada pemilik kapal saudara Akok, kapten kapal dan ABK (Nelayan) untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan aktifitas di laut saat musim utara ini,” kata Monang kepada awak media ini.

Lanjut Monang, kepada para operator kapal, nakhoda dan ABK agar selalu memperhatikan cuaca apabila akan berangkat melaut, monitor terus perkembangan cuaca dari BMKG setempat dan himbauan dari Syahbandar.

“Kita juga mengimbau agar tidak memaksakan diri untuk berangkat melaut apabila cuaca tidak memungkinkan serta perhatikan kondisi Kapal apakah masih laik jalan atau perlu perbaikan,” sebutnya.

Selain itu, Monang menegaskan, kepada kapten kapal harus melengkapi kapalnya dengan Life Jaket dan memperhatikan keselamatan ABK nya.

Kemudian, Monang menambahkan, untuk setiap ABK kapal yang berbeda-beda suku agar saling toleransi dan menghargai sehingga tidak terjadinya perselisihan atau perkelahian yang mengakibatkan kerugian bagi semua pihak.

“Terakhir, jangan memuat barang atau beban dengan over kapasitas di Kapal untuk menghindari kecelakaan di laut,” pesannya.

Sementara, hadir pada saat kegiatan Polmas tersebut, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kawal Aiptu Jefrizal, Kanit Provost Polsek Gunung Kijang Aipda Heriyandi Osda, Bhabinktibmas Desa Toapaya Selatan Bripka R. Zulfandi, Kapten kapal KM Pari 10 (GT 15) Bane beserta ABK 10 orang dan Kapten kapal KM Kakap Merah (GT 28) Sirajuddin beserta anggota 10 orang. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.