Danramil Senayang Tinjau Lokasi Pemandian Warga Yang Rusak Diterjang Ombak

by -27 views
Danramil Senayang, Kapten Inf Tomason Raja Gukguk Saat Meninjau Lokasi Pemandian Warga Yang Rusak
Danramil Senayang, Kapten Inf Tomason Raja Gukguk Saat Meninjau Lokasi Pemandian Warga Yang Rusak

Lingga, (MetroKepri) – Sebagai bentuk kepedulian Koprs TNI – AD kepada masyarakat, Komandan Rayon Militer (Danramil) 06 Senayang Kodim 0135/ Bintan, Kapten Inf Tomason Raja Gukguk langsung turun ke lokasi musibah untuk melihat kondisi tempat pemandian warga yang porak poranda pasca diterjang ombak, Rabu (3/11/2021).

Sikap sigap Danramil 06 Senayang Kapten Inf Tomason Raja Gukguk ini pantas diacungi jempol, karena respon terhadap kesulitan warga.

Selain itu, atas peristiwa tersebut masyarakat harus kehilangan sumber mata air yang selama ini digunakan untuk mandi, mencuci bahkan sumur tersebut sudah menjadi sumber kehidupan bagi warga sekitar. Bahkan kini masyarakat telah dihantui perasaan was – was, karena mengingat akhir-akhir ini sering terjadi cuaca ekstrem.

“Masyarakat khawatirkan kalau sewaktu-waktu terjadi cuaca ekstrem dan pada saat yang bersamaan juga terjadi gerak pasang air laut, maka gempuran ombak semakin kuat,” imbuh Tomason.

Sebagai mana diketahui, abrasi atau erosi sangat berbaya dan sangat berisiko khususnya bagi masyarakat yang tinggal di tepi pantai agar lebih waspada pada saat cuaca ekstrem.

“Karena, saat cuaca ekstrem intensitas proses pengikisan dan gempuran ombak lebih cepat dan sangat mudah terjadi abrasi,” ucapnya.

Seperti yang terjadi di Kelurahan Senayang, akibat dari terjangan ombak dan tidak adanya pembangunan batu miring atau sejenis pemecah gelombang, sehingga hampir sepanjang pesisir pantai Senayang telah terjadi abrasi.

Melihat kondisi di lapangan, pihak TNI-AD langsung merespon cepat hal tesebut dan langsung turun ke lokasi. Langkah sigap dan responsif yang ditunjukkan oleh orang nomor satu di jajaran Koramil 06 Senayang, Kodim 0135/ Bintan, Kapten Inf Tomason Raja Gukuguk ini pantas diacungi jempol.

Saat ditemui Metrokepri.com di sela-sela peninjaun di lokasi yang rawan terjadinya abrasi tepatnya di Kampung Tanjung Kelurahan Senayang, Kecamatan Senayang, Kapten Tomason menyatakan bahwa pihak TNI-AD harus siap dalam segala kondisi.

“Termasuk ketika harus dihadapkan dengan musibah bencana alam, walaupun kita tidak pernah berharap itu terjadi,” ujarnya.

Memang, kata dia, tidak semua bencana alam bisa dicegah seperti gempa bumi dan bencana lainnya.

“Memang tidak dapat kita cegah, tetapi masih bisa untuk diminimalisir dampak atau resiko yang akan terjadi,” katanya.

Kapten Tomason menyampaikan pada dasar tugas TNI – AD, meliputi seluruh kepentingan masyarakat. Ketika masyarakat mengalami kesulitan, TNI-AD harus hadir untuk membantu masyarakat.

Pengikisan tanah sehingga terjadi abrasi di Senayang yang merupakan di wilayah kerja Koramil 06 Senayang, pihaknya bersama anggota akan mengajak warga untuk bergotong royong memperbaiki kembali sarana tempat pemandian yang rusak.

Sedangkan, terkait biaya untuk pembelian material seperti semen dan lain – lainnya, Danramil mengaku nanti sama-sama akan dicari solusinya.

Kapten Tomason juga berharap kepada pihak-pihak yang kompeten ketika membangun infrastruktur agar memperhatikan kualitas, agar tidak mudah rusak ketika cuaca ekstrem terutama di daerah yang rawan bencana.

“Pada dasarnya, infrastruktur yang dibangun menggunakan APBD maupun APBN harus sesuai spesifikasi, sehingga bangunan bermutu dan berkualitas,” pungkasnya. (MK/Taufik.S)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.