Dharma Sosialisasikan Empat Pilar, Anak Bangsa Dituntut Tingkatkan Kepedulian

by -16 views
Anggota MPR RI, H. Dharma Setiawan Saat Membagikan Sembako Kepada Salah Satu Warga Usai Sosialisasi 4 Pilar
Anggota MPR RI, H. Dharma Setiawan Saat Membagikan Sembako Kepada Salah Satu Warga Usai Sosialisasi 4 Pilar
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Ditengah mewabahnya virus covid – 19 atau sering disebut dengan Korona yang mana pemerintah telah mengeluarkan PERPPU No 1 tahun 2020 tentang kebijakan keuangan negara untuk penanggulangan Covid 19 yang berdampak kedalam kehidupan orang banyak terurama sendi sendi ekonomi.

Tentu dalam hal ini menjadi perhatian yang utama oleh pemerintah.

Satu sisi menjaga bagaimana penularan virus tersebut tidak merambat kemana mana yang bisa mengancam nyawa rakyat Indonesia. Satu sisi harus menyelamatkan sendi perekonomian negara.

Dalam satu aturan, diharapkan semua elemen masyarakat dan seluruh aparatur untuk melakukan pola kerja dari rumah atau disebut work at home. Sehingga kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan bisa dilakukan secara virtual.

Begitu juga dengan salah satu Anggota MPR RI, H. Dharma Setiawan. Dharma melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat Kota Tanjungpinang di Km 8 atas, Minggu 21 Juni 2020.

Anggota MPR RI, H. Dharma Setiawan Saat Sosialisasikan 4 Pilar ke Masyarakat
Anggota MPR RI, H. Dharma Setiawan Saat Sosialisasikan 4 Pilar ke Masyarakat

Sosialiasi ini juga sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang Undang. Tugas dan fungsinya yakni salah satunya adalah melakukan sosialisasi 4 Pilar MPR kepada masyarakat.

Anggota MPR RI dari unsur DPD Dapil Provinsi Kepri ini juga melakukan kegiatan sosialisasi empat Pilar tersebut ditengah tengah konstituennya yang kebenaran di Daerah Kota Tanjungpinang dinyatakan sudah termasuk dalam Zona Hijau oleh pemerintah.

Sehingga, kata Dharma bisa melakukan kegiatan tersebut secara tatap muka walaupun dengan jumlah terbatas serta tetap mematuhi standar peraturan Covid 19 yang sudah ditetapkan.

Dalam sosialisasi tersebut, H. Dharma menyampaikan beberapa hal yang penting terkait dengan kondisi bangsa dan dunia saat ini sedang dalam menghadapi musibah Covid 19.

“Terutama Bangsa Indonesia. Maka semangat yang tertuang dalam 4 Pilar MPR RI ini betul betul sedang dalam ujian yang sangat berat,” papar Dharma.

Menurut Dharma, seluruh elemen anak bangsa ini dituntut untuk bisa menunjukan tingkat kepedulian yang sangat tinggi sebagaimana yang tertuang dalam nilai nilai luhur Pancasila sebagai dasar Negara.

“Pancasila telah mempersatukan bangsa ini dari berbagai macam kepentingan yang berbeda. Pancasila telah mampu merawat nilai nilai keragaman menjadi sebuah perekat dalam kehidupan ditengah tengah masyarakat kita yang majemuk,” ujarnya.

Saatnya, kata Dharma, ditengah Bangsa Indonesia menghadapi cobaan Covid 19 ini, tingkatkan rasa kepedulian kepada sesama saudara kita yang kurang mampu dan terkena dampak Korona ini baik secara kesehatan maupun dalam ekonomi.

“Bagi mereka yang mempunyai ekonominya yang lebih, mari kita perhatikan dan bantu saudara kita yang tidak mampu. Mungkin hari ini mereka tidak bisa bekerja mencari nafkah disebabkan peraturan pemerintah tentang larangan beraktifitas diluar rumah,” ucap Dharma.

Saatnya aplikasikan nilai sila ke 2 dari Pancasila yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradap. Saatnya sekarang terpanggil rasa kemanusiaan untuk membantu saudara kita.

“Semoga, rasa persatuan dan persaudaraan bangsa ini tetap terjaga. Saya harapkan kepada kita semua untuk tetap dan terus memupuk nilai nilai ini dalam kehidupan sosial kita ditengah masyarakat dan semoga wabah ini segera berakhir dan bangsa kita kembali dapat menata kehidupan yang lebih baik,” katanya. (*)

Penulis : ALPIAN TANJUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.