Dinas Kebersihan Konsep Pengembangan Sampah di Lingkungan Masyarakat

by -386 views
Sampah berserakan di luar bak sampah. Foto LIYANA
Sampah berserakan di luar bak sampah. Foto LIYANA

Tanjungpinang, (MK) – Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tanjungpinang akan merencanakan konsep pengembangan sampah khusus di lingkungan perumahan dan perkampungan. Pasalnya, masalah utama kebersihan di Tanjungpinang lantaran kurangnya kesadaran masyarakat.

“Padahal kita sudah sediakan bak pembuangan sampah. Tetapi masyarakat masih suka buang sampah sembarangan seperti dipinggir jalan, disemak – semak bahkan di parit – parit,” ujar Kasi Dinas Kebersihan Kota Tanjungpinang, Siffazofik saat ditemui di kantornya, Jumat (4/12) pagi.

Akan hal itu, pihaknya berencana melakukan pengembangan sampah di lingkungan masyarakat.

“Konsep selanjutnya, saya mau melakukan pengembangan sampah di masyarakat perumahan. Sehingga nantinya mereka sadar akan pentingnya menjaga kebersihan, selain itu saya berharap sampah yang ada bisa dijadikan kompos,” ucapnya.

Setelah progam ini dapat dijalankan, kata dia, pemerintah mencanangkan pengelompokan sampah antara organik dan non organik.

“Kita lakukan pendekatan dulu dengan masyarakat, setelah kesadaran mereka akan sampah itu sudah tumbuh. Kita lakukan pengelompokan sampah, jadi masyarakat terbiasa membuang sampah berdasarkan jenis sampah yang ada, kalau langsung progam pengelompokan sampah pasti tidak efisien yang ada masyarakat tetap membuang sampah pada wadah yang sama,” katanya.

Akan tetapi, dia juga berharap adanya kerjasama baik dari lurah maupun RT di lingkungan setempat.

“Kita berharap adanya kerjasama dari lurah maupun RT di perumahan atau perkampungan setempat, sehingga progam ini dapat dijalankan sesuai dengan yang kita harapkan,” imbuhnya. (LIYANA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.