Dinkes Tanjungpinang Sediakan Terapi Berhenti Merokok

by -299 views
Kadinkes Kota Tanjungpinang, Rustam Effendi
Kadinkes Kota Tanjungpinang, Rustam Effendi

Tanjungpinang, (MK) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang telah menyediakan terapi untuk masyarakat yang ingin berhenti merokok. Bagi masyarakat yang kesulitan berhenti merokok, saat ini tidak perlu khawatir lagi karena di setiap Puskesmas sudah ada tenaga professional yang membantu baik untuk sekedar konseling ataupun terapi berhenti merokok.

“Saat ini, di beberapa Puskesmas sudah ada tenaga medis untuk penyembuhan merokok bagi masyarakat, seperti di Puskesmas Batu 10 sudah ada,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam Effendi kepada media, Jumat (18/12) di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Rustam juga menyampaikan, pihaknya juga menentukan lima kategori kawasan tanpa rokok.

“Kawasan tanpa rokok yang pertama lingkungan kesehatan seperti Puskesmas, rumah sakit, puskesling dan lain – lain. Kedua di lingkungan pendidikan seperti sekolah, yang ketiga tempat umum misalkan bandara, pelabuhan dan stasiun, yang keempat itu lingkungan pemerintahan seperti instansi – instansi pemerintah dan yang terakhir di lingkungan rumah tangga harus bebas rokok. Jadi kalau ingin merokok ya diluar rumah,” paparnya.

Dia juga mengaku kesulitan untuk penerapan kawasan tanpa rokok ini berasal dari individunya sendiri.

“Kalau berbicara kesulitan, tentu kesulitan yang timbul ya dari individu perokok aktifnya. Selama mereka masih merokok, selama itu juga KTR belum sepenuhnya bisa terealisasi. Makanya, alternatif lainnya dengan terapi berhenti merokok,” ucapnya. (LIYANA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.