Diskusi Bersama, Rahma Ajak Developer Bantu Perbaiki Rumah Korban Banjir

by -17 views
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma Bersama FKPD Saat Diskusi
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma Bersama FKPD Saat Diskusi

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Komitmen untuk menanggulangi masa pemulihan pasca banjir dan longsor belum lama ini, Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP mengajak duduk bersama dan berdiskusi sejumlah owner dan developer perumahan yang terdampak banjir dan longsor.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Bappelitbang Kota Tanjungpinang, Senin (4/1/2021).

Walikota yang juga didampingi Dandim 0315 Bintan, Danyonmarhanlan dan Wakapolres Tanjungpinang berdiskusi untuk mengajak para developer turut andil dan bersinergi dengan pemerintah dalam upaya pemulihan, perbaikan dan upaya antisipasi pasca banjir dan longsor usai diguyur hujan lebat selama 2 hari pada 1-2 Januari kemarin.

Terdapat 7 developer perumahan yang dipanggil, diantaranya developer Perumahan Cendrawasih, Perumahan Alam Tirta Lestari, Perumahan Galaxy, Perumahan Anggrek Pinang, Perumahan Puspa dan Asri, Perumahan Griya Bukolfa Asri, Perumahan Cahaya Tiga.

“Kami mengajak kepada seluruh owner dan developer untuk bersama-sama menangani segera lokasi yang terdampak banjir dan longsor, kita disini berdiskusi dan mencari solusi terbaik agar semua masyarakat yang terdampak dapat menerima manfaat atas sinergi antara pemerintah dan developer yang cepat tanggap,” papar Rahma.

Atas panggilan tersebut, Rahma yang didampingi oleh Sekda Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari meminta kepada pihak developer untuk membantu para warga yang rumahnya mengalami kerusakan dengan menyediakan material bangunan.

“Untuk rumah yang longsor dan rusak, kami harapkan developer akan membantu dalam bentuk batako, semen dan pasir sebanyak jumlah rumah yang terdampak, kita harus segera melakukan hal tersebut, Pemko dalam hal ini telah siapkan segala sesuatunya, untuk itu saya panggil agar kita sama-sama bekerja menanganinya,” ujarnya.

Untuk langkah antisipasi, Rahma meminta kepada developer untuk membangun batu miring terhadap rumah yang terancam longsor atau rumah yang telah tertimpa longsor.

Selain itu, ia juga meminta agar drainase yang telah ada namun tidak berfungsi dengan baik, untuk diperbaiki bila perlu dilakukan perluasan.

“Bagi perumahan yang berbatasan dengan aliran sungai atau tebing, saya meminta bantuan kepada pihak developer untuk dibuatkan batu miring guna mengatasi longsor, drainase yang kurang maksimal juga perlu diperbaiki, bila perlu dilakukan perluasan sehingga jika terjadi banjir tidak kembali meluap,” ucapnya.

Rahma mengetahui, masih ada beberapa developer yang tidak hadir pada saat itu. Ia mengatakan dirinya berikan kesempatan untuk menemuinya 1×24 jam. Ia merasa tiap developer harus mempunyai rasa tanggungjawab atas musibah yang ditimpa oleh warga yang tinggal di perumahan yang dibuatnya.

“Saya tunggu itikad baik dari developer yang belum dapat bergabung disini, saya beri waktu 1×24 jam untuk bertemu dengan saya dan berdiskusi terkait warga yang tinggal di perumahannya,” kata Rahma.

Terkait tower yang berada di Cluster Hang Lekir, Rahma juga memberikan waktu 3×24 jam untuk melakukan penanganan segera apakah dirobohkan atau dilakukan perbaikan agar warga disekitar tower itu aman dan tidak terdampak jika terjadi sesuatu. Diketahui bahwa tower itu mengalami longsor dan sangat membahayakan warga disekitarnya.

“Saya beri waktu 3×24 jam mulai hari ini untuk perbaiki tower tersebut, segera lakukan penanganan, apakah dirobohkan, saya tidak mau terjadi hal-hal yang membahayakan warga sekitar itu,” ujarnya.

Rahma juga mengatakan selama musibah ini banyak sekali relawan yang turut membantu meringankan beban masyarakatnya dengan mendirikan dapur umum, menyalurkan bantuan bahan makanan, melakukan donasi dan kegiatan sosial lainnya, ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada FKPD para relawan, donatur dan aktifis sosial yang telah membantu.

“Saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada semua donatur, relawan dan para aktifis yang telah membantu dan berinisiatif meringankan beban masyarakat yang ditimpa musibah, saya mendapat laporan ada beberapa dapur umum yang didirikan atas swadaya masyarakat, RT, RW dan banyak sekali yang memberikan bantuan, sekali lagi saya ucapkan terima kasih juga kepada FKPD yang telah bersama-sama bersinergi untuk memikirkan kebutuhan masyarakat yang terdampak dengan berbagai bantuan yang diberikan, semoga Allah SWT yang dapat membalasnya dengan ganjaran pahala yang berlipat ganda,” tutupnya. (Red/ Rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.