DPRD Kota Tanjungpinang Sahkan Perda APBDP 2019

by -19 views
Foto Bersama Usai Pengesahan APBDP 2019
Foto Bersama Usai Pengesahan APBDP 2019
Iklan Banner

Advetorial, (MetroKepri) – DPRD Kota Tanjungpinang bersama Pemerintah Kota Tanjungpinang mengesahkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) perubahan APBD tahun 2019 menjadi peraturan daerah (Perda) perubahan APBD tahun 2019, pada rapat paripurna terbuka di Gedung DPRD Tanjungpinang, Senggarang, Sabtu (31/8/2019) petang.

Rapat paripurna dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Suparno bersama Wakil Ketua I, Ade Angga S.IP,MM dan Wakil Ketua II Ahmad Dani serta Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang.

Sekwan DPRD Tanjungpinang, Efendi Saat Menyampaikan Pandangan Fraksi
Sekwan DPRD Tanjungpinang, Efendi Saat Menyampaikan Pandangan Fraksi

Turut juga hadir Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Asisten dan Staf Ahli di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Sebelum Walikota Tanjungpinang, Syahrul menyampaikan pidato pengesahan tersebut, tim badan anggaran (Banggar) DPRD Tanjungpinang yang diwakili oleh Sekwan DPRD Tanjungpinang, Efendi menyampaikan pandangan Fraksi Fraksi.

Usai menyampaikan pandangan Fraksi – Fraksi, Walikota Tanjungpinang Syahrul mengatakan, secara pribadi dan atas nama pemerintah daerah serta masayarakat Kota Tanjungpinang, dirinya mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas upaya yang telah dilakukan oleh tim Banggar DPRD, bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) serta pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ikut bekerjasama untuk mensukseskan, sehingga proses pengesahan Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2019 menjadi Perda dapat berjalan dengan baik.

Setelah penetapan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) oleh tim Banggar hingga pembahasan rancangan nota keuangan APBD tahun anggaran 2019 melalui gabungan Komisi DPRD Kota Tanjungpinang bersama TAPD dan OPD, maka pada hari ini Sabtu 31 Agustus 2019 dapat disepakati dan dituangkan dalam dokumen Ranperda tentang Perubahan APBD 2019.

Tahapan selanjutnya akan dilakukan evaluasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri yang bertujuan untuk menyelaraskan dan mensinergikan dalam APBD Kota Tanjungpinang dengan kebijakan Pemprov Kepri maupun pemerintah pusat.

Ketua DPRD Tanjungpinang, Suparno Saat Menandatangani Dokumen Pengesahan APBDP 2019
Ketua DPRD Tanjungpinang, Suparno Saat Menandatangani Dokumen Pengesahan APBDP 2019

Masih kata Syahrul, bahwa perlu disampaikan dalam rangka menetapkan terkait target pendapatan daerah Kota Tanjungpinang sebagaimana yang disampaikan sebelumnya pada KUA dan PPAS serta pengantar nota keuangan terhadap pengesahan perubahan APBD ini.

“Untuk pendapatan daerah adalah sebesar Rp1.011 triliun dengan kenaikan Rp46.2 miliar dibandingkan APBD murni 2019 yaitu sebesar Rp965.38 miliar atau mengalami kenaikan 4.79 persen. Sedangkan untuk belanja daerah anggaran belanja daerah melalui TAPD bersama tim Banggar DPRD Kota Tanjungpinang, terus berusaha secara bersama mensukseskan program kebijakan daerah tahun anggaran pada tahun kedua Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang,” katanya.

Lanjutnya, berdasarkan hal tersebut Pemko Tanjungpinang mengalokasikan anggaran belanja sebesar Rp1,1 triliun dengan penambahan sebesar Rp146,33 miliar dari APBD murni,” ucapnya.

Paripurna diakhiri dengan penyerahan dokumen dan sekaligus menandatangani pengesahan Ranperda Perubahan APBD-P Tahun 2019 oleh Walikota Tanjungpinang H. Syahrul S.Pd bersama Pimpinan DPRD Kota Tanjungpinang, Ketua Suparno, Wakil Ketua I Ade Angga S.IP, MM dan Wakil Ketua II Ahmad Dani. (Red/TK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.