Dugaan Penggelapan, Pendiri PT MWP Laporkan Ali Sadikin ke Polisi

by -132 views
Dirut Pejabat Sementara PT MWP Dede
Dirut Pejabat Sementara PT MWP Dede
Iklan Banner

Batam, (MetroKepri) – Direktur PT Marlin Wisata Putranusa (MWP), Ali Sadikin dilaporkan ke polisi terkait kasus dugaan penggelapan dalam jabatan.
Ali Sadikin dilaporkan oleh salah seorang pendiri PT MWP, Dede Saputra.

Sesuai laporan ke Polres Sleman, Yogyakarta dengan nomor STTLP-B/862/XII/2019/DIY/Sleman, Ali Sadikin diduga telah merugikan perusahaan hingga Rp1,72 miliar.

Perusahaan yang bergerak di bidang sistem pelabuhan dan layanan penjualan tiket kapal secara online ini, meminta pihak kepolisian segera memproses kasus dugaan tersebut.

Dede juga meminta pihak Polres Sleman segera memproses kasus tersebut secepatnya, agar tidak lebih jauh merugikan perusahaan.

Ali Sadikin
Ali Sadikin

Menurut Dede, selama dua tahun Ali Sadikin menjabat sebagai Direktur Utama (CEO) perusahaan PT. Marlin Wisata Putranusa, tidak pernah sekalipun melaksanakan kewajiban tahunannya, mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan memberikan laporan keuangan, maupun kinerja perusahaan secara rutin kepada pemegang saham lainnya.

“Karena semakin meningkatnya kegelisahaan para pemegang saham terhadap perusahaan, maka pada tanggal 21 November 2019, pemegang saham meminta Komisaris, Eko Syaiful Arifin untuk melakukan pemeriksaan terhadap keuangan perusahaan,” kata Dede, Kamis (12/12/2019).

Masih kata Dede, setelah pemeriksaan tersebut ditemukan adanya penggelapan dalam jabatan yang dilakukan oleh Ali Sadikin di perusahaan dalam bentuk:

1. Mendirikan perusahaan PT. Maritim Hub Nusantara dengan komposisi kepemilikan: 95% Ali Sadikin, 5% Devi Suryani menggunakan resource perusahaan & tanpa izin perusahaan.

2. Mengambil alih proyek dengan merek “Maritimhub” melalui jaringan rekanan kerja PT. Marlin Wisata Putranusa (PT. MWP).

3. Mengotorisasi / melakukan pembayaran biaya-biaya PT. Maritim Hub Nusantara dibebankan ke PT. MWP seperti server dan karyawan.

4. Membebankan pajak penghasilan pribadi ke PT. MWP tanpa persetujuan Dewan Komisaris.

“Sehingga pada tanggal 30 November 2019, Dewan Komisaris memberhentikan Ali Sadikin sebagai Dirut PT MWP dan menunjuk saya sebagai Dirut Pejabat Sementara hingga RUPS terdekat yang akan kita adakan di awal januari 2020 sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk terus melangkah kedepan setelah kejadian ini,” ujarnya.

Menurut Dede, aktivitas Ali Sadikin sudah cukup banyak merugikan perusahaan. Termasuk beberapa tindakannya dalam mengelola perusahaan.

“Dari hasil pemeriksaan komisaris, kerugian perusahaan atas tindakannya mencapai Rp1,72 miliar,” kata Dede.

Dede juga memastikan bahwa dengan kejadian ini semua layanan perusahaan akan tetap berjalan seperti biasanya dan bahkan ditingkatkan lagi agar dapat memberikan layanan yang semakin baik kepada para customer, partner dan vendor perusahaan.

“Dalam waktu dekat, kami & kuasa hukum akan mengadakan press conference resmi untuk menjalaskan hal ini,” ucap Dede.

Sementara itu, Ali Sadikin saat dikonfirmasi hanya merespon singkat. “Iya, nanti saya kabarin ya,” ujar Ali. (Red)

Sumber : Batamnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.