Gerakan Pramuka Kwarcab Tanjungpinang Gelar Apel Besar Secara Virtual

by -12 views
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma Saat Upacara Gerakan Pramuka Secara Virtual
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma Saat Upacara Gerakan Pramuka Secara Virtual
Iklan Banner

Advetorial, (MetroKepri) – Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP menjadi pembina upacara pada pelaksanaan apel besar Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang yang dilaksanakan secara virtual di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Senin (26/10/2020).

Acara diawali dengan pembacaan Surat Keputusan PAW Pengurus Kwarcab dan DKC Kota Tanjungpinang masa bakti 2018 – 2023 dan Pengurus Pramuka Peduli Penanggulangan Bencana Kota Tanjungpinang masa bakti 2020 – 2025, dilanjutkan dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Kepala Kwarcab Kota Tanjungpinang, penandatanganan Ikrar, penyematan tanda jabatan oleh Kepala Kwarcab Kota Tanjungpinang dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang dengan Kwarcab Kota Tanjungpinang serta penyematan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa.

Dalam sambutannya, Rahma menyampaikan Gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus pada pendidikan anak dan remaja.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma Saat Menyerahkan Penghargaan
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma Saat Menyerahkan Penghargaan

“Gerakan Pramuka bukan merupakan organisasi sosial, namun Gerakan Pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat, hal ini sesuai dengan kode kehormatan Pramuka Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat,” paparnya.

Apel Besar merupakan program tahunan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang yang dilaksanakan setiap bulan Oktober. Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat para pemuda khususnya Gerakan Pramuka dalam rangka menyongsong Hari Sumpah Pemuda, sekaligus sebagai aktualisasi organisasi ditengah-tengah masyarakat menyikapi perkembangan Pandemi Covid-19 serta dalam rangka mengantisipasi dampak penyebarannya, maka Apel Besar pada tahun 2020 ini diselenggarakan secara virtual dengan mematuhi protokol kesehatan.

Rahma juga menjelaskan, sejak tanggal 21 September 2020 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.21-2843 Tahun 2020 secara resmi ia telah dilantik sebagai Walikota Tanjungpinang definitif oleh Gubernur Kepulauan Riau, maka secara otomatis ia menjabat Ketua Majelis Pembimbing dan masih merangkap sebagai Ketua Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang.

“Sebagai pelaksana harian, saya tunjuk Kak Imam Syafi’i sebagai Ketua Harian dan ditambah dua orang Wakil Ketua yakni Kak Huzaifa Dadang AG sebagai Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa dan Kak Agustiawarman sebagai Wakil Ketua Bidang Aset dan Usaha menambah jumlah wakil ketua yang telah ada,” ujarnya.

Pada kesempatan ini juga telah dikukuhkan Pramuka Peduli Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang.

“Semoga dengan dilantiknya Pramuka Peduli Kwarcab Tanjungpinang, lebih dapat meningkatkan peran generasi muda khususnya anggota Pramuka Kota Tanjungpinang membantu pemerintah dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan terutama ikut andil dalam memberikan kesadaran akan pentingnya menjaga protokol kesehatan ditengah tengah masyarakat, mulai dari diri sendiri, keluarga, teman-teman dan masyarakat di sekitarnya,” ucapnya.

Rahma juga mengatakan dimasa pandemi sekarang ini terasa betul pentingnya penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, berbagai informasi mudah didapat dari berbagai sumber baik yang bisa dipercaya maupun sumber yang bersifat hoaks.

“Karena itu Gerakan Pramuka harus bisa menguasai teknologi informasi dan komunikasi termasuk mampu membedakan mana berita baik benar dan mana berita yang hoax sehingga tidak terjebak dalam pelanggaran Undang-undang ITE,” kata Rahma.

Foto Bersama Usai Apel Besar Secara Virtual
Foto Bersama Usai Apel Besar Secara Virtual

Lebih lanjut Rahma mengatakan, untuk itu baru saja dibuat penandatangan kerja sama antara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang sebagai cikal bakal terbentuknya Saka Kominfo.

“Terimakasih kepada Kadis Kominfo Kota Tanjungpinang atas dukungannya pada kegiatan ini. Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada kakak-kakak yang tergabung dalam pengurus Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang pergantian antar waktu, kakak-kakak yang tergabung dalam Pramuka Peduli Kwarcab Tanjungpinang dan adik-adik Dewan Kerja Cabang Kota Tanjungpinang yang telah dilantik pada hari ini. Semoga masing-masing dapat lebih meningkatkan peran dalam memajukan Gerakan Pramuka di Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Rahma juga mengucapkan selamat dan harapannya kepada penerima penghargaan Pancawarsa.

“Selamat juga kepada kakak-kakak yang baru saja menerima penghargaan Pancawarsa, semoga dilain kesempatan lebih banyak lagi kakak-kakak yang mendapatkan penghargaan yang sama. Jadi jangan segan untuk mengusulkan penghargaan kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang untuk diteruskan ke Kwartir Daerah Kepulauan Riau dan Kwartir Nasional, selamat juga kepada adik-adik yang telah memenangkan lomba film pendek di era pandemi ini, semoga dapat memicu adik-adik yang lain untuk terus berkarya dan berkreasi dalam dunia kepramukaan,” ucapnya.

Selain itu, dilakukan penyerahan bantuan masker dari Pramuka Peduli Kwarcab Tanjungpinang dan pembagian hadiah pemenang lomba film konten kreatif tahun 2020. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.