Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Batam Gelar Aksi Bersih di Pantai Tanjung Uma

by -784 views
Karyawan PLN Batam Saat Aksi Bersih Pantai. Foto Humas PLN Batam
Karyawan PLN Batam Saat Aksi Bersih Pantai. Foto Humas PLN Batam

Advetorial, (MetroKepri) – PT PLN Batam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLH) dengan aksi bersih Pantai Tanjung di Kelurahan Tanjung Uma, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Rabu 5 Juni 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Employee Green Involvement yang dilaksanakan serentak oleh PLN seluruh Indonesia. Menjadikan momen peringatan HLH untuk mengingatkan kesadaran karyawan dan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Untuk wilayah Batam, kegiatan diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari karyawan PT PLN Batam, warga Tanjung Uma dan sejumlah komunitas peduli lingkungan yang ada di Batam.

Dalam acara tersebut mengusung tema “Penyelesaian Krisis Iklim Dengan Inovasi Dan Prinsip Keadilan”.

Penyampaian Kata Sambutan Sebelum Aksi Bersih Pantai. Foto Humas PLN Batam
Penyampaian Kata Sambutan Sebelum Aksi Bersih Pantai. Foto Humas PLN Batam

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia (SDM) PT PLN Batam, Pardamean Matondang, mengingatkan bahwa dampak krisis iklim sudah terasa dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, perlu aksi nyata guna meminimalisasi dan mencegah risiko pemanasan global di masa mendatang dengan berlandaskan pada prinsip keadilan agar tidak ada pihak yang tertinggal.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day, sudah dimulai sejak tahun 1972 ketika Majelis Umum PBB menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada saat Konferensi Stockholm. Artinya sejak lima puluh tahun yang lalu dunia internasional sudah memahami bahwa jika bumi tidak dirawat, maka bumi juga bisa rusak,” ujar Pardamean.

Ia menambahkan bahwa kegiatan bersih Pantai Tanjung ini merupakan salah satu bentuk langkah nyata dari PLN Batam untuk melestarikan lingkungan.

“Menjadi tanggungjawab moral kita bersama bagaimana mengelola lingkungan sehingga dapat didiami semasa kita hidup sampai anak cucu kelak. Harapan PLN Batam kedepan akan ada semacam gerakan bersama dalam membersihkan sampah dimulai dari lingkungan kita sendiri. Bukan hanya tugas Dinas Lingkungan Hidup untuk menyelesaikannya, tapi mulai dari yang terkecil dan terdekat pada keluarga kita masing-masing,” paparnya.

PT PLN (Persero) juga sudah punya target menuju Net Zero Emission (NZE) tahun 2060. Sudah tidak ada lagi pembangunan pembangkit batu bara yang baru, green energy harus menjadi opsi utama.

Foto Bersama Usai Penyerahaan Bantuan. Foto Humas PLN Batam
Foto Bersama Usai Penyerahaan Bantuan. Foto Humas PLN Batam

“Oleh karena itu kami membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholders dan penggiat lingkungan. Mari kita saling bahu membahu dalam menjaga lingkungan sekitar,” ucap Pardamean.

Sejalan dengan itu, Kepala Bidang Perlindungan Lingkungan Hidup Kota Batam, Ip, ST. MT, mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi seluruh peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan yang diinisiasi PT PLN Batam.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kota Batam, saya mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang dilakukan oleh PLN Batam. Melalui momen ini saya juga mengajak, mari seluruh pihak untuk lebih peduli dengan lingkungan. Hari ini kita melakukan pemungutan sampah untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia, tapi kedepannya seluruh lapisan masyarakat harus peduli dengan lingkungan,” ujar Ip.

Selain aksi bersih pantai, PT PLN Batam juga membagikan paket sembako kepada masyarakat sekitar Tanjung Uma yang membutuhkan.

“Mudah-mudahan kegiatan serupa akan terus dilakukan. Batam menuju Kota maju harus berish dan lebih baik dari aspek lingkungan. Sehingga dunia pariwisata dan industri Batam semakin berkembang,” ucapnya. (*)

Editor: Ian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.