Hasil Pemeriksaan, Satu Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Tanjungpinang Negatif

by -69 views
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam Saat Bersama Walikota Tanjungpinang, Syahrul
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam Saat Bersama Walikota Tanjungpinang, Syahrul
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungpinang, Rustam menyatakan hasil pemeriksaan pertama kasus pasien terkonfirmasi covid-19 di Tanjungpinang hasilnya negatif.

“Hasilnya sudah negatif. Namun, belum bisa dikatakan sembuh, karena masih akan dilakukan pemeriksaan tambahan sampai dua kali berturut-turut,” papar Rustam, Minggu (22/3/2020).

Rustam mengutarakan test sampel kedua sudah diambil pada Jum’at kemarin, tinggal menunggu hasil. Apabila hasilnya negatif maka pasien dinyatakan sembuh.

“Saat ini, kondisinya baik. Alhamdulillah sejauh ini belum ada penularan setempat di Tanjungpinang. Semoga kita semua dapat terus saling membantu mencegah penyebaran covid-19 ini,” ujarnya.

Berdasarkan data terbaru perkembangan covid-19 dari Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang hingga Minggu, (22/3/2020), jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 58 orang, selesai pemantauan 22 orang, dan proses pemantauan 36 orang.

Pasien dalam pengawasan (PDP) 12 orang, selesai pengawasan 5 orang, kasus pisitif 1 orang, pemeriksaan laboratorium spesimen dalam proses 11 ODP dan 5 PDP.

“Hasil pertama pemeriksaan kasus konfirmasi sudah selesai dan hasil negatif,” ucapnya.

Sementara Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul dan Dinas Kesehatan terus menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, namun waspada dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

Bahkan beberapa langkah penanganan kasus ini sudah diterapkan Pemko Tanjungpinang sebelumnya seperti imbauan kepada masyarakat untuk tetap tinggal di rumah, mengurangi kegiatan di keramaian, edukasi pencegahan covid-19 hingga menerapkan work from home bagi ASN dan belajar dari rumah bagi peserta didik.

Selain itu, apabila ada warga yang menunjukkan gejala mulai dari batuk, demam hingga sesak napas segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan seperti, puskesmas, klinik, dan rumah sakit.

Di Kota Tanjungpinang terdapat 7 unit puskesmas, 3 unit rumah sakit, dan 1 rumah sakit yang ditunjuk sebagai rujukan yakni RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) Provinsi Kepri. (Red/Tri/Diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.