Hasil Rekapitulasi KPU, Pasangan SANUR Peroleh 347.515 Suara

by -234 views
KPU Kepri saat menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri
KPU Kepri saat menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri

Tanjungpinang, (MK) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan rapat pleno rekapiltulasi perolehan suara kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri yakni pasangan HM Sani – Nurdin Basirun dan Soerya Respationo – Ansar Ahmad pada pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2015 lalu.

Pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara dari tujuh kabupaten kota se – Kepri itu juga dilakukan KPU Kepri di Gedung Asrama Haji, Jalan Pemuda Tanjungpinang, Jumat (18/12).

Hasil rekapitulasi perolehan suara dari tujuh kabupaten kota se Kepri ini juga, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut satu yakni H. Muhammad Sani dan Nurdin Basirun (SANUR) memperoleh suara terbanyak dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri nomor urut dua yakni Soerya Respationo dan Ansar Ahmad (SAH).

Pasangan nomor urut satu HM. Sani dan Nurdin Basirun (SANUR) memperoleh suara sebanyak 347.515 dan pasangan calon nomor urut dua Soerya Respationo – Ansar Ahmad (SAH) memperoleh 305.688 suara.

“Keputusan ini diberlakukan sejak ditetapkannya hasil akhir melalui rapat pleno terbuka KPU Provinsi Kepri, Jumat ini,” kata Ketua KPU Kepri, Said Sirajuddin usai penetapan hasil rekapitulasi surat suara dari tujuh kabupaten kota se Kepri.

Meski pada rapat pleno tersebut saksi dari pasangan calon (Paslon) nomor urut dua menyampaikan keberatan atas hasil akhir rekapitulasi surat suara per kabupaten kota. Said mengaku hal itu lumrah dalam setiap pemilihan. Namun jika salah satu paslon ada yang keberatan, KPU Kepri siap menghadapi gugatan.

“Setelah penetapan ini, pasangan calon bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) paling lambat 3 x 24 jam sejak penetapan hari ini,” ucap Said.

Dia mengutarakan, apapun jenis gugatan yang akan dilayangkan oleh pasangan calon, pihaknya akan selalu siap.

“Alhamdulillah kami siap saja menerima gugatan, karena memang begitu seharusnya. Jika yang dipermasalahkan adalah kesalahan administrasi bukan rekapitulasi surat suara. Keputusan itu nantinya MK yang memutuskan dan KPU tetap siap apapun jenis gugatannya,” kata Said.

Sementara itu, saksi pasangan calon nomor urut dua, Urip Santoso tidak menandatangani hasil akhir rekapitulasi surat suara yang telah ditetapkan KPU Provinsi Kepri tersebut.

“Tentu kami menolak. Bagaimana tidak, hasil ini banyak pelanggaran. Intinya dari pasangan calon nomor dua menolak hasil ini,” ujar Urip.

Dia mengemukakan, dengan adanya pelanggaran – pelanggaran Pilkada yang datanya telah dikumpulkan dan pihaknya sudah melaporkannya ke DKPP, sekarang masih dalam proses.

“Kami sudah melaporkan ke DKKP seminggu yang lalu. Atas proses hari ini, kami akan menempuh jalur hukum. Kami akan mengajukan ke MK, baik melalui web ataupun langsung. Rancangan gugatan itu telah kita buat dan akan kita kirim. Intinya dari paslon nomor dua menolak hasil ini,” paparnya.

Berikut perolehan suara kedua pasangan calon dari masing – masing kabupatan kota se Kepri.

Kabupaten Bintan; Pasangan calon nomor urut satu memperoleh 23.308 suara, pasangan nomor urut dua memperoleh 46.801. Jumlah suara sah sebanyak 70.109.

Kabupaten Lingga; Pasangan nomor urut satu 27.632 suara, Pasangan nomor urut dua 22.342 suara, Jumlah suara sah calon 49.974.

Kabupaten Anambas; Pasangan nomor urut satu 9.494 suara, Pasangan nomor urut dua 11.265 suara, Jumlah suara sah calon 20.759.

Kabupaten Natuna; Pasangan nomor urut satu 22.315 suara, Pasangan nomor urut dua 17.676 suara, Jumlah suara sah calon 39.991.

Kota Tanjungpinang; Pasangan nomor urut satu 39.787 suara, Pasangan nomor urut dua 35.051 suara, Jumlah suara sah calon 74.838.

Kabupaten Karimun; Pasangan nomor urut satu 64.611 suara, Pasangan nomor urut dua 24.653 suara, Jumlah suara sah calon 89.264.

Kota Batam; Pasangan nomor urut satu 160.368 suara, Pasangan nomor urut dua 147.900 suara, Jumlah suara sah calon 308.268.

Jumlah akhir pasangan nomor urut satu yakni sebanyak 347.515 suara dan pasangan nomor urut dua 305.688 suara, jumlah suara sah calon sebanyak 653.203. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.