Hindari Insiden di Jalan, PT Pertamina Patra Niaga Sosialisasikan Defensive Driving Training ke Puluhan AMT

by -175 views
Foto Bersama Usai Sosialisasi
Foto Bersama Usai Sosialisasi
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – PT Pertamina Patra Niaga Kepulauan Riau menggelar sosialisasi dan pelatihan mengemudi defensive kepada awak mobil tangki (AMT), di Hotel Comfort Tanjungpinang, Minggu (21/2/2021).

Sosialisasi ini juga turut hadir FT Manager Kijang Group PT Pertamina, Mashuril Husni, Kepala Perwakilan PT Pertamina Patra Niaga SS Batam dan Kepri, Asriandy, Kasatlantas Polres Bintan, AKP Fian Agung Wibowo SH, SIK serta diikuti puluhan pengemudi AMT di wilayah Bintan dan Tanjungpinang.

Dalam sosialisasi tersebut, FT Manager Kijang Group PT Pertamina, Mashuril Husni mengatakan tujuan sosialisasi ini untuk mengingat kembali apa ketentuan ketentuan mengendarai yang baik sesuai aturan ketika membawa mobil tangki.

Suasana Sosialisasi Yang Dilaksanakan PT Pertamina Patra Niaga
Suasana Sosialisasi Yang Dilaksanakan PT Pertamina Patra Niaga

“Intinya kita mengrefres atau mengingat kembali ketentuan mengendara yang baik khususnya untuk AMT membawa mobil tangki. Artinya teman teman bijak dalam mengendara untuk menghindari insiden di jalan,” papar Husni.

Dengan adanya sosialisasi ini, Husni berharap bisa membentuk karakter para pengendara mobil AMT karena karakter pengendara AMT ini berbeda beda.

“Kita hanya bisa membentuk karakter pengemudi mobil tangki. Karena karakter mobil tangki yang melayani kebutuhan pengisian di SPBU dan lembaga lain dari Pertamina dan itu harus memahami ketentuan defensive drive dari pihak kepolisian maupun ketentuan pihak pertamina sendiri,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Perwakilan PT Pertamina Patra Niaga SS Batam dan Kepri, Asriandy mengatakan kegiatan sosialisasi pelatihan mengemudi defensive kepada awak mobil tangki (AMT) ini, salah satunya dalam memperingati hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

“Pelatihan defensive driving yang kita laksanakan pada hari ini untuk memberi pemahaman tertib di jalan raya khusus bagi AMT dalam mengendari mobil tangki,” kata Asriandy.

Selain memberi pelatihan defensive driving, sambung Asriandy pihaknya juga memberikan pelatihan skil kepada para AMT untuk penggunaan Alat Pemadaman Api Ringan (APAR) guna mengantisipasi apabila terjadi kebakaran saat mengendara maupun di SPBU.

“Apabila ada suatu insiden, bisa ditanggulangi,” ucap Asriandy.

Pengemudi Mobil Tangki, Muh Nursalam Saat Menunjukkan Piagam Usai Sosialisasi
Pengemudi Mobil Tangki, Muh Nursalam Saat Menunjukkan Piagam Usai Sosialisasi

Masih kata dia, pelatihan ini adalah salah satu langkah untuk membekali AMT dengan pengetahuan dan pelatihan guna meminimalisir insiden transportasi di lingkungan kerja.

Terpisah, salah satu peserta pelatihan AMT, Muh Nursalam mengaku senang bisa mengikuti sosialisasi dan pelatihan tersebut.

“Mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini, manfaatnya banyak sekali bagi kami para pengemudi mobil tangki. Paling tidak mengingatkan kita supaya lebih hati hati di jalan dan tidak lalai saat mengemudi,” kata Salam.

Intinya, kata dia, kegiatan ini banyak sekali manfaatnya bagi pengemudi mobil tangki dan banyak juga masukan masukan dari pemateri dalam sosialisasi.

“Dengan pelaksanaan kegiatan ini, saya mengucapkan terimakasih kepada PT Pertamina Patra Niaga yang telah memberikan pemahaman dan pelatihan kepada kami,” ucapnya. (*)

Penulis : ALPIAN TANJUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.