HUT RI, Pelindo Tanjungpinang Akan Gelar Kegiatan Sosial

by -306 views
GM Pelindo I Tanjungpinang, ASYHARI
GM Pelindo I Tanjungpinang, ASYHARI
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MK) – Sempena memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70 tahun, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Tanjungpinang bersama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, akan menggelar berbagai kegiatan sosial untuk masyarakat dengan program “BUMN Hadir Untuk Negeri” di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Program bantuan sosial itu juga, akan dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan ini dirancang dan akan diselenggarakan di empat kabupaten/ kota yang ada di Kepri, yaitu di Tanjungpinang, Bintan, Tanjung Balai Karimun dan Batam.

“Tema BUMN Hadir Untuk Negeri ini sebagai wujud terimakasih BUMN kepada negeri, dan juga sebagai bentuk kontribusi BUMN kepada masyarakat,” ujar General Manager Pelindo I Cabang Tanjungpinang, M. Asyhari, Kamis (13/8).

Ia mengutarakan, kegiatan itu nanti diawali dengan program pengabdian masyarakat berupa pengobatan gratis pada Sabtu (15/8) 2015 di Kota Tanjungpinang, Bintan, Karimun dan Batam.

Selain pogram pengobatan gratis kata dia, ada juga kegiatan bantuan penambahan fasilitas laboratorium untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan bedah rumah veteran.

“Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan jalan sehat yang dirangkai dengan pesta kuliner kaki lima gratis serta pemutaran film bertema nasionalisme, penjualan sembako murah, kegiatan perlombaan khas di masyarakat terkait HUT 17 Agustus 2015 dan berbagai program hiburan lain,” ucapnya.

Asyhari mengutarakan, untuk kegiatan jalan santai 8 KM akan dilaksanakan pada 16 Agustus 2015.

“Pada garis finishnya nanti akan disiapkan doorprize berupa sepeda motor dan peralatan elektronik, serta ratusan hadiah lainnya serta hiburan, pesta kuliner kaki lima gratis yang menampilkan performasi dari masyarakat setempat dan artis Ibukota. Kegiatan ini akan melibatkan seluruh masyarakat Tanjungpinang,” ujar Asyhari.

Ia menambahkan, untuk kegiatan jalan sehat pendaftaran sudah dapat dilakukan mulai 13 Agustus 2015 pada pukul 12.00 WIB sampai dengan Minggu 16 Agustus 2015 pukul 06.00 WIB di Kantor Pelindo I Cabang Tanjungpinang dan juga ditempat acara yaitu di lapangan Pamedan Tanjungpinang.

“Untuk pendaftaran kegiatan jalan santai ini tidak dipungut biaya atau gratis,” katanya.

Sementara, kata dia, untuk upacara peringatan HUT RI akan diikuti oleh seluruh BUMN yang berada di ibukota Provinsi Kepri yaitu di Kota Tanjungpinang.

Selain melaksanakan upacara, juga akan dilaksanakan penjualan sembako murah sebanyak 2.058 paket dan kegiatan ini akan dilakukan di tiga tempat, yaitu di Kota Tanjungpinang, Kabupaten Karimun dan Kota Batam.

“Masyarakat akan mendapat diskon sebesar 70 persen setiap paketnya, dimana masing – masing paket terdiri dari beras, minyak goreng, dan gula pasir. Hasil dari penjualan sembako murah akan disumbangkan kepada rumah ibadah di lingkungan setempat,” paparnya.

Selain itu, malam sebelum perayaan HUT RI ke – 70, tepatnya pada Minggu (16/8) 2015 malam, Pelindo I Tanjungpinang juga akan menggelar kegiatan layar tancap bersama dengan memutar film bertema nasionalisme di beberapa titik. Tidak ketinggalan juga pelaksanaan lomba khas 17 Agustus dengan berbagai jenis lomba dan hadiah yang menarik.

Dia menambahkan, bahwa dari Kementerian BUMN juga akan menginisiasi pembuatan webpage untuk menampung pendaftaran program “Siswa Mengenal Nusantara” dan “BUMN Mengajar”.

Program Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan program untuk mengenal keanekaragaman budaya provinsi lain.

“Dimana setiap provinsi akan mengirimkan 17 (tujuh belas) siswa berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu untuk dikirimkan ke provinsi lain selama dua minggu,” ujarnya.

Kegiatan ini akan melibatkan seluruh BUMN, instansi pemerintah daerah dan masyarakat di seluruh Provinsi Indonesia. Diharapkan melalui kegiatan ini, keberadaan Pelindo I Tanjungpinang dan BUMN lainnya semakin dapat dirasakan oleh masyarakat dan dapat memberi kontribusi yang besar dalam sinergi membangun negeri. (AFRIZAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.