Iklan Suzuki Dinilai Berpotensi Menuding, Ini Tanggapan Dekan UMRAH

by -827 views
Iklan Suzuki Tanjungpinang
Iklan Suzuki Tanjungpinang
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Iklan produk mobil yang dibuat oleh Suzuki yang berdomisili di jalan D.I Panjaitan Km 6 tepatnya di samping Kantor Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang dinsinyalir berpotensi menuding.

Pasalnya iklan yang dibuat menggunakan spanduk ukuran panjang tersebut menyebutkan “Jangan Ngaku Merdeka!” untuk mempromosikan mobil terbarunya.

Terkait hal tersebut, Dekan UMRAH Abdul Malik saat dimintai pendapatnya terkait iklan tersebut sangat menyanyangkan.

Ia menyebutkan, dari segi moral, iklan serupa itu tak baik karena mengajak orang hidup konsumeristif, lebih mengutamakan kehidupan mewah dan kebendaan.

“Cinta sejati suami-istri lenyap oleh godaan benda-benda mewah,” tulisnya saat diwawancara oleh awak media ini melalui ponselnya, Ahad (13/09/2020) sore.

Kembali ditanyakan terkait adanya tulisan yang berpotensi menuding, “Jangan Ngaku Merdeka!”, ia pun menjawab.

“Ya, itu juga salah. Pertama, seolah-olah orang yang tak memiliki mobil tsb. belum merdeka. Kedua, merdeka diukur dari sudut keberadaan mobil pribadi,” tulis Abdul Malik lagi lewat chat WhatsApp ke media ini.

Abdul Malik mengaharapkan, sebaiknya iklan produk kita memperhatikan unsur budaya kita. Perhatikan juga kaidah bahasa nasional dan bahasa negara kita.

“Iklan harus mendidik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ade Kurniadi selaku Kepala Cabang Suzuki Tanjungpinang membenarkan bahwa yang buat iklan tersebut pihaknya.

“Ia kreatifitas cabang pinang ditengah lesunya perekonomian mas,” jawabnya lewat chat WhatsApp ke awak media ini. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.