Impor Kepri Pada Maret Naik 8,54 Persen

by -178 views
Kepala BPS Kepri, Dumangar
Kepala BPS Kepri, Dumangar

Tanjungpinang, (MK) – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri menyatakan, nilai impor Provinsi Kepri pada Maret 2015 mengalami kenaikan sebesar 8,54 persen.

“Kenaikan impor Kepri ini juga disebabkan oleh naiknya impor komoditi non – migas sebesar 8,97 persen dan migas naik sebesar 5,79 persen. Impor Kepri pada Maret mencapai $682,96 juta dollar Amerika, yaitu terdiri dari impor migas sebesar $89,52 juta dollar Amerika dan impor non – migas sebesar $593,44 juta dollar Amerika,” kata Kepala BPS Kepri, Dumangar Hutauruk, kemarin.

Dikatakan Dumangar, impor migas dan non – migas menurut sepuluh golongan barang utama. Untuk golongan barang impor non – migas (HS 2 digit) utama Provinsi Kepri angka sementara terbesar selama Maret 2015 adalah mesin/ peralatan listrik (HS 85), yaitu sebesar $172,74 juta dollar Amerika atau 29,11 persen dari total impor non – migas.

Kemudian golongan barang impor non – migas Provinsi Kepri berikutnya yang mempunyai peran cukup besar, kata dia, adalah golongan barang mesin – mesin/ pesawat mekanik (HS 84) dengan nilai $125,76 juta dollar Amerika dengan peranannya sebesar 21,19 persen, dan banyak lagi barang lainnya.

“Sementara, impor Provinsi Kepri angka sementara selama Maret 2015 yang terbesar masaih tetap berasal dari Singapura dengan nilai sebesar $298,91 juta dollar Amerika atau 43,77 persen dari keseluruhan impor Provinsi Kepri,” ujar Dumangar.

Sedangkan, kata dia, negara – negara pemasok barang impor yang terbesar lainnya ke Provinsi Kepri pada Maret 2015 yang mempunyai peran cukup besar adalah Tiongkok dengan nilai impor sebesar $61,28 juta dollar Amerika, dengan peranannya sebesar 8,97 persen. Kemudian disusul oleh Jepang, Malaysia Jerman, Saudi Arabia, Amerika Serikat, Korea Selatan, Vietnam dan Perancis. (Ian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.