Iskandar-Anwar Akan Bangun Perekonomian Pulau-Pulau Berbasis Potensi

by -7 views
Calon Bupati Karimun Nomor Urut 2, Iskandarsyah..
Calon Bupati Karimun Nomor Urut 2, Iskandarsyah..
Iklan Banner

Karimun, (MetroKepri) – Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun Iskandarsyah-Anwar Abubakar akan membangun perekonomian pulau-pulau berbasis potensi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat jika terpilih menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Iskandar-Anwar dengan jargon BERSINAR (Bersama Iskandar-Anwar) menyatakan perekonomian di pulau-pulau potensial meningkat jika dikelola secara maksimal.

“Kami sudah mengelilingi banyak pulau di Karimun, masing-masing memiliki potensi yang luar biasa, yang belum dikelola secara maksimal. Kami, pengelolaan pulau-pulau ini dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan pendapatan daerah, serta menciptakan peluang kerja,” kata Iskandar di Karimun, Sabtu (21/11/2020).

Iskandar mengatakan Karimun memiliki sekitar 250 pulau, namun yang berpenghuni hanya 57 pulau. Setiap pulau yang berpenghuni memiliki potensi mulai dari pertanian, perkebunan hingga untuk peternakan.

Pulau Kundur, contohnya memiliki potensi pengembangan industri pengelolaan gambir. Kemudian di Pulau Alai dapat dikembangkan pengelolaan sagu.

Di sejumlah pulau lainnya juga dapat dikembangkan peternakan sapi dan kambing.

“Wilayah perairan, khususnya kawasan yang memiliki potensi perikanan tentu harus dirawat,” katanya.

Iskandar berkomitmen melakukan kajian yang mendalam untuk mengelola pulau-pulau tersebut menjadi pulau yang mandiri. Kajian itu untuk mengetahui potensi lainnya yang dimiliki pulau-pulau, sekaligus menjawab strategi pengembangan usaha di pulau-pulau.

Pengembangan usaha di pulau-pulau dapat dilakukan oleh pengusaha lokal, kelompok petani maupun peternak, dan juga investor dari berbagai daerah maupun negara.

Kegiatan perekonomian tersebut diharapkan mampu meningkatkan pendapatan daerah, dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal.

Karena itu, ia juga akan mendorong agar masyarakat di usia produktif untuk terus menimba ilmu pengetahuan dan pengalaman sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja asal daerah lainnya.

Sarana dan prasarana untuk peningkatan keterampilan dan keahlian masyarakat akan disiapkan sehingga sejalan dengan kebutuhan perusahaan dalam merekrut tenaga kerja.

“Kami ketika terpilih menjadi kepala daerah akan mempermudah ijin usaha untuk masyarakat maupun pengusaha. Kami ingin usaha-usaha dengan teknologi canggih dapat membuahkan hasil yang dapat dipetik untuk kesejahteraan masyarakat dan menambah pendapatan daerah,” ucapnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.