‘Kak’ Syahrul: Gerakan Pramuka Wadah Penguatan Pendidikan Karakter

by -36 views
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Riau Tengku Said Arif Fadillah saat menyematkan lencana kepada Walikota Tanjungpinang, Kak H Syahrul S.Pd
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Riau Tengku Said Arif Fadillah saat menyematkan lencana kepada Walikota Tanjungpinang, Kak H Syahrul S.Pd
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Organisasi Praja Muda Karana (Pramuka) merupakan wadah penguatan pendidikan membentuk karakter generasi muda, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA.

Bahkan di masing-masing FKPD dan Dinas sudah terbentuk Satuan Karya (saka).

“Kita harus satukan tekad dan komitmen untuk benar-benar memajukan gerakan pramuka di Kota Tanjungpinang. Tidak perlu ada keraguan sebab Pramuka sudah dijamin oleh Undang-Undang”, kata Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd dalam sambutannya usai dilantik secara resmi oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Kepulauan Riau, Tengku Said Arif Fadillah di Aula Bulang Linggi Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Senin (12/8/2019).

Menurut kak Syahrul sapaan akrab Walikota Tanjungpinang di kepramukaan ini menjelaskan, penguatan pendidikan karakter kepramukaan tertuang pada visi dan misi yakni Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Tambah Kak Syahrul, ke-sepuluh butir Dasa Dharma memiliki nilai-nilai luhur karakter bangsa.

“Ke-sepuluh isi Dasa Dharma mulai bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa hingga suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Kalau kita bisa mengembangkan dan mengamalkan dasa dharma kepada anak-anak, peserta didik, bahkan orang dewasa InsyaAllah mereka akan menjadi manusia Paripurna,” ujarnya.

Untuk itu, Kak Syahrul mengajak seluruh pengurus kwartir cabang, kwartir ranting dan gugus depan untuk berperan aktif dan ikut berkiprah di setiap kegiatan yang ada di masyarakat.

Dirinya juga berharap agar Kwartir Daerah mendukung Kwarcab Tanjungpinang untuk mewujudnya Bumi Perkemahan di Taman Budaya, Senggarang.

“Mudah-mudahan cita-cita ini segera terwujud. Kepada kakak-kakak Pembina di masing-masing gugus depan mempersiapkan peserta didiknya untuk kegiatan kemping atau persami,” imbuh Ayah sapaan sehari-hari Walikota Tanjungpinang ini.

Sementara Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Riau Tengku Said Arif Fadillah mengapresiasi dan mendukung gerakan pramuka yang telah memberikan kontribusi nyata dalam membangun karakter anak bangsa.

“Output yang dihasilkan mendidik anak-anak itu luar biasa, mereka akan menjadi anak-anak yang sukses di bidang iman dan taqwa maupun keaktifan di berbagai bidang kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Karena itu, pada kesempatan ini, Ka. Kwarda juga mengajak seluruh para pengurus, Camat, Lurah, serta sekolah-sekolah agar berperan aktif menggiring anak-anak terlibat dalam setiap kegiatan.

“Mari kita berkiprah dan berperan aktif pada kegiatan Pramuka. Karena tujuan kita tak lain adalah mendidik generasi-generasi, SDM provinsi Kepri kedepan yang lebih unggul, baik dari segi kemampuan, iman dan taqwa,” harapanya.

Usai prosesi pelantikan Mabicab. Ketua Mabicab Tanjungpinang melantik Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanjungpinang, Hj. Rahma dan pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanjungpinang.

Acara juga dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara BNN kota Tanjungpinang dengan Kwartir Cabang kota Tanjungpinang tentang pencegahan penanggulangan bahaya narkoba, disaksikan Ka. Kwarda Kepulauan Riau, Ka. Mabicab kota Tanjungpinang serta unsur FKPD. (*)

Penulis: Novendra/Tri/Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.