Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, Polres Natuna Laksanakan Apel Gelar Pasukan

by -71 views
Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K saat pemeriksaan pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Wilayah Natuna
Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K saat pemeriksaan pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Wilayah Natuna
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Polres Natuna menggelar apel pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Wilayah Kabupaten Natuna, di Lapangan Polres Natuna, Rabu 11 Desember 2019.

Apel ini dipimpin langsung Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K dan apel pasukan terdiri dari TNI-Polri, Basarnas, Diskes, Dishub, Damkar dan Satpol PP.

Dalam amanat Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Revianto S.I.K, dibacakan oleh AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K mengatakan, apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI, Polri, BNPB, Basarnas dan instansi lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana.

Kepulauan Riau merupakan daerah rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, laka laut dan lain sebagainya. Maka dari itu sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik disemua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana.

“Diharapkan kepada seluruh stakeholder yang berkompeten dalam penanggulangan bencana agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana seperti pengintegrasian penanggulangan bencana disemua lini dari tingkat kelurahan hingga provinsi, meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan gabungan penanggulangan bencana,” katanya.

Dalam penanggulangan bencana tentunya sangat diperlukan edukasi tentang penanggulangan bencana kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana yang akan terjadi.

“Untuk itu, kita semua dituntut untuk mampu melakukan prediksi, analisis, dan identifikasi terhadap potensi bencana yang kemungkinan terjadi di wilayah Kepulauan Riau dimana upaya tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas penyelenggaraan penanggulangan bencana antara lain, pengintegrasian setiap stakeholder dalam setiap pencegahan dan penanggulangan bencana, penyelenggaraan penanggulangan bencana secara cepat, tepat dan bertanggungjawab sesuai dengan peraturan yang ada,” ujarnya.

Kemudian meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pelatihan penanggulangan bencana, meningkatkan kualitas data, informasi dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), menetapkan regulasi dan melaksanakan pengurangan risiko bencana melalui peraturan daerah dan berikan kemudahan bagi keterlibatan swasta dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Usai membacakan amanat Kapolda Kepri, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan, Ranmor dan peralatan oleh Kapolres Natuna bersama Asisten I Kabupaten Natuna, Wakil Ketua II DPRD Natuna, FKPD, OPD, Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Masyarakat (Tomas) Kabupaten Natuna.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Kabupaten Natuna Hendra Kusuma SH, Wakil Ketua II DPRD Natuna Jarmin SE, Dansatrad 212 Letkol Lek Bambang Suyono, Danyon Komposit I /GP Letkol Inf Rahmat SE,M.Si, Palaksa Lanal Ranai Letkol Laut (KH) Kadek Ary Pambudi S.H, Danlanud Raden Sadjad diwakili oleh Karumkit Mayor Kes Randy, Dandim 0318/Natuna diwakili oleh Pasintel Kapten Narta, OPD Kabupaten Natuna, Kadis Damkar Natuna Syawal SE, Sekretaris Dishub Natuna Romi R.Nopik, Kepala BMKG Mateorologi Kabupaten Natuna Tri Widiarto, Kepala Basarnas Natuna diwakili oleh Kasi Ops M. Saleh, Ketua LAM Natuna Wan Zawali, Tomas Natuna, Toga, dan PJU Polres Natuna. (Manalu/Humas Polres Natuna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.