Ketua DPRD Batam Minta Ranperda RTRW Dibahas Dalam Pansus

by -5 views
Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto SH, MH Saat Ditemui Diruang Kerjanya. Foto JIHAN
Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto SH, MH Saat Ditemui Diruang Kerjanya. Foto JIHAN
Iklan Banner

Batam, (MetroKepri) – Hingga saat ini Rancangan Peraturan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Batam, belum kunjung selesai.

Pembahasan belum berjalan antara Pemerintah Kota (Pemko) dan DPRD Kota Batam.

“Namun sudah dijadwalkan untuk pembahasan antara Pemko dan DPRD. Dalam pembahasan awal nanti, DPRD akan meminta agar pembahasan dilakukan melalui Pansus (Panitia Khusus),” papar Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, Minggu (27/1/2019).

Nuryanto melanjutkan Pemko Batam sudah menyampaikan akan selesai pada 2018 lalu.

Setelah itu, pihaknya melakukan pembahasan rencana detail tata ruang (RDTR). Sehingga untuk saat ini, pihaknya fokus dulu pada RTRW Batam.

“Diperkirakan RDTR baru dibahas tahun 2019. Sebelumnya dalam Bapperda, sudah koordinasi dengan Wan Darussalam. Diundang tapi tidak datang,” sesal Nuryanto.

Ia menyarankan Ranperda RTRW ini harus tetap di bahas dalam Pansus. Tujuannya agar lebih banyak perubahan kearah yang lebih baik.

“Supaya lebih transparan. Karena ini sudah terlalu lama tanpa RTRW,” katanya.

Ia menambahkan sejak 2008 lalu, sebenarnya Perda tata ruang sudah ada dan disahkan. Sayangnya belum berlaku karena menunggu sinkronisasi.

“Karena menunggu sinkronisasi dengan RTRW Kepri. Jadi agar kiranya, mengkaji di Baperda dulu. Apakah dibuat Pansus, tapi harapan kita agar lebih transparan dan konprehensif, lewat Baperda‎,” katanya. (*)

Sumber : Tribun Batam

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.