Kunjungi Natuna, Presiden Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah

by -43 views
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan kata sambutan diacara penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat Natuna
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan kata sambutan diacara penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat Natuna
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kabupaten Natuna. Dalam agendanya, setelah melakukan peninjauan ke Pelabuhan SKPT Selat Lampa dan melakukan dialog bersama nelayan Natuna, Presiden melakukan penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat Natuna, Rabu 8 Januari 2020 di Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan masih ada sekitar 15 ribu sertifikat tanah yang harus diberikan kepada masyarakat.

“Bapak dan ibu merupakan warga yang beruntung, karena telah memegang sertifikat tanah, ini merupakan hak bukti hukum atas tanah yang kita miliki,” katanya.

Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal

Masih katanya, secara de facto dan De jure, Natuna merupakan bagian dari Indonesia, 81 ribu penduduk yang ada di Kabupaten Natuna adalah warga negara Indonesia. Simbol pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat Natuna menunjukkan bahwa hak atas tanah sudah dipegang oleh masyarakat Natuna secara sah.

Terkait dengan hal penegakan hukum di laut Natuna terutama batas ZEE, Presiden Joko Widoo mengatakan akan dilakukan penegakan hukum jika terjadi pelanggaran kedaulatan.

“Kita memiliki TNI AL, Bakamla, PSDKP dan Polair yang bisa menegakkan hukum terhadap pelanggaran laut, yang dilakukan oleh kapal-kapal asing masuk kedalam wilayah ZEE kita, melakukan pencurian ikan,” ucapnya.

Masyarakat saat menunjukkan sertifikat tanah yang sudah diterima
Masyarakat saat menunjukkan sertifikat tanah yang sudah diterima

Lebih lanjut Presiden menjelaskan, sekarang masyarakat Natuna sudah memiliki kepemilikan tanah yang sah atas kekuatan hukum.

“Silakan dijaga sertifikat ini sebaik mungkin. Saya titip pesan, kalau sudah pegang sertifikat tanah, tolong dimasukkan kedalam plastik, jika nanti genteng bocor sertifikat tidak rusak, kemudian jangan lupa difoto copy agar punya dukumen cadangan,” katanya.

Ia berpesan, jika masyarakat ingin menggadaikan ke bank silakan, tapi ingat harus diperlukan untuk usaha bukan untuk membeli mobil atau barang lainnya.

Usai penyerahan sertifikat tanah, Presiden Jokowi bersama rombongan bertolak ke Bandara Lanud Raden Sadjad Ranai dan kembali ke Jakarta. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.