Kunker, Natuna Jadi Salah Satu Prioritas Kepala Basarnas Pusat

by -77 views
Kepala Basarnas Pusat, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito Saat Meninjau Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Natuna
Kepala Basarnas Pusat, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito Saat Meninjau Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Natuna
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Sebagai daerah perbatasan diujung utara NKRI, Kabupaten Natuna merupakan daerah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) sehingga dibutuhkan perlakuan khusus mengingat letak geografisnya yang terdiri dari pulau-pulau, resiko kecelakaan cukup tinggi.

Untuk melihat langsung kondisi Kabupaten Natuna, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito SE, MM melakukan kunjungan kerja (Kunker), Rabu 09 Oktober 2019.

Kedatangan Kepala Basarnas pusat disambut langsung oleh Sekda Natuna, Wan Siswandi bersama unsur Forkominda dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Natuna Mexianus Bekabel, di Bandar Udara RSA.

Marsekal Madya TNI Bagus Paruhito tidak sendirian, ia datang bersama Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Marsma TNI Heru Anggraito SE, MM dan Direktur Sarana dan Prasarana (Dirsarpras) Marsma TNI Yuri Afiuddin Anwar, beserta para istri.

Selain meninjau langsung kondisi wilayah Kabupaten Natuna, Marsekal Madya Bagus juga melihat sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menunjang kinerja Kantor Basarnas Kelas B Natuna serta memberikan motivasi kepada personil yang ada.

Usai disambut oleh Sekda Natuna dan Forkominda, Marsekal Madya Bagus Paruhito beserta rombongan bergerak ke Kantor Basarnas Natuna.

Untuk wilayah kerja, Kantor Basarnas Kelas B Natuna meliputi dua kabupaten yakni, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas.

“Kantor Basarnas Natuna baru naik status menjadi kelas B pada tahun 2018 kemarin, kalau dulu kan masih pos. Kunjungan saya ini sebagai pimpinan kepada anggota saya yang ada di daerah dalam memberikan motivasi, selain itu apakah mereka baik-baik saja disini,” kata Marsekal Madya Bagus Paruhito, saat dikonfirmasi oleh awak media di Kantor Basarnas Kelas B Natuna, Jalan Adam Malik.

Lanjutnya, sarana dan prasarana di Kantor Basarnas Kelas B Natuna masih banyak yang perlu dilengkapi, SDM nya juga perlu ditambah.

“Natuna menjadi salah satu prioritas saya, potensi tingkat kecelakaan cukup tinggi disini, baik penerbangan dan pelayaran. Untuk SDM juga akan lebih bagus direkrut dari putra putri asli daerah,” ujarnya.

Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga dan berbentuk pulau-pulau, Marsekal Madya Bagus mengatakan, ini menjadi tugas yang berat bagi Kantor Basarnas Kelas B Natuna karena akan ada berbagai potensi kecelakaan yang terjadi. Untuk itu, perlu kesiapan dalam segala hal dalam mengantisipasi hal tersebut.

Ia menerangkan, tahun ini pihaknya akan mengadakan penambahan Alat Umum (Alut), seperti pembelian heli dan kapal untuk kepentingan SAR. Natuna dapat tambahan kapal, tapi tidak sebesar kapal yang ada sekarang dan prosesnya masih panjang.

“Secara bertahap akan kita benahi sarana, prasarana dan SDM dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Natuna. Saya harap, walaupun masih banyak yang perlu dibenahi, Kantor Basarnas Kelas B Natuna tetap memberikan dan melaksanakan tugasnya secara profesional, selalu jaga hubungan dan koordinasi dengan semua pihak,” imbuhnya.

Usai memberikan pengarahan dengan para personil Kantor Basarnas Kelas B Natuna, Marsekal Madya TNI Bagus beserta rombongan meninjau sarana dan prasarana yang ada dan meninjau Kapal Sasikirana 245. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.