Lakukan Illegal Fishing, 10 KIA Dimusnahkan Dengan Cara Dibakar

by -36 views
Menekan Tombol Sirene Secara Bersamaan Menandakan Pemusnahan KIA Dilaksanakan
Menekan Tombol Sirene Secara Bersamaan Menandakan Pemusnahan KIA Dilaksanakan
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Sebanyak 10 Kapal Ikan Asing (KIA) pelaku illegal fishing ditenggelamkan dengan cara dibakar diseputaran Pulau Tiga, Rabu 31 Maret 2021.

Penenggelaman kapal KIA ini merupakan kerjasama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kejaksaan RI.

Sebelum berangkat melakukan pemusnahan, di ruang aula Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) dilakukan acara seremonial.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal KKP sekaligus Plt. Direktur Jenderal PSDKP, Antam Novambar mengatakan penenggelaman terhadap 10 kapal tersebut merupakan sikap tegas Pemerintah RI dalam memberantas illegal fishing.

Tidak lupa ia juga memberikan apresiasi kepada jajaran Kejaksaan RI yang selama ini telah mendukung KKP dalam pemberantasan illegal fishing.

“Saya berikan apresiasi termasuk dalam proses eksekusi penenggelaman 10 kapal ini,” katanya.

Kajati Kepri, Hari Setiyono dalam sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk memusnahkan kapal asing, sebagai barang bukti yang sudah memiliki keputusan hukum tetap.

“Ini merupakan bukti komitmen pemerintah terhadap penangkapan ikan ilegal yang ada di perairan Natuna. Kita eksekusikan segera barang bukti tersebut pada hari ini,” ucap Kajati.

KIA yang dimusnahkan dengan cara dibakar
KIA yang dimusnahkan dengan cara dibakar

Kajati menjelaskan, sepuluh KIA dimusnahkan dengan cara dibakar dan diberi pemberat agar tenggelam. Dengan cara ini dampak negatif terhadap lingkungan perairan sekitar dapat diminimalisir dan menjadi rumah ikan.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Natuna Imam MS Sidabutar SH,MH dalam sambutannya mengatakan, eksekutor pemusnahan barang bukti KIA yang akan dilaksanakan ini merupakan Kejaksaan Negeri Natuna dan Kejaksaan Negeri Karimun.

“Adapun barang bukti Kapal Ikan Asing yang di eksekusi berjumlah 10 unit. 8 unit dari Kejaksaan Negeri Natuna dan 2 unit dari Kejaksaan Negeri Karimun. Kapal – kapal ini akan kita tenggelamkan dan kita musnahkan untuk memberikan efek psikologis,” kata Imam.

Usai memberikan kata sambutan, rombongan berangkat menuju lokasi untuk melihat pemusnahan KIA. Ditandai dengan menekan tombol sirene, proses pemusnahan dilaksanakan dengan cara dibakar. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.