Lanal Batam Gagalkan Penyelundupan Ribuan Baby Lobster ke Singapura

by -150 views
Foto Bersama Usai Acara Program Inovasi Desa
Danlantamal IV, Laksamana Pertama Arsyad Abdullah bersama Kepala BKIPM Batam, Anak Agung Gede dan Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Alan Dahlan menunjukkan barang bukti beby lobster. Foto Tengku Bayu
Iklan Banner

Batam, (MetroKepri) – Tim F1QR Lanal Batam berhasil mengagalkan ribuan baby lobster dari Batam ke Singapura. Petugas mengamankan tiga orang yang akan mengantarkan baby lobster dari Tembilahan ke Singapura, pada Minggu (11/8/2019).

“Kami kembali barhasil menggagalkan penyelundupan baby lobster ke Singapura,” papar Danlantamal IV, Laksamana Pertama Arsyad Abdullah saat konfrensi pers di Mako Lanal Batam, Senin (12/8/2019).

Dia mengutarakan, penangkapan ini berkat informasi dilapangan. Selanjutnya tim melihat 1 speedboat tanpa nama yang melaju kencang dengan kecepatan lebih kurang 50 knot di sekitar perairan Sugi Batam mengarah ke Singapura.

“Tim kami mengejarnya menggunakan speedboat dari arah pulau Moro sampai Tanjung Semokol periran Sugi,” ujarnya.

Masih kata dia, dari tangan pelaku ditemukan 15  kotal sterefoam yang berisi 1 kotaknya ada 34 kantong dengan total sekitar 473 kantong. Baby lobster yang diselundupkan ini berjenis Pasir ada sekitar 89.804 ekor dan jenis Mutiara sekitar 1.826 ekor.

“Total baby lobster yang kami amankan ada sekitar 91.630 ekor dengan total kerugian negara mencapai Rp13.835 miliaran,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BKIPM Batam, Anak Agung Gede mengatakan kasus penyelundupan baby lobster ini akan dilakukan proses hukumnya. Setelah proses hukum, maka beby lobster akan dikembalikan ke lautan.

“Tentu setelah proses hukum ketiga orang tsk ini. Secepatnya kami akan kembalikan ke alam,” kata Agung.

Menurutnya, dari barang bukti yang ada, sumber baby lobster ini sama dengan yang ditangkap beberapa waktu lalu. Baby lobster didatangkan dari Jambi dan kemudiannya dibawa menuju Singapura melalalui Tembilahan.

“Pelaku langsung membawa ke Singapura melalui Tembilahan. Sebenarnya baby lobster ini didatangkan dari daerah Jawa seperti pantai Kawa, Banten, Sukabumi dan bahkan dari Mataram dan lain sebagainya,” ucapnya. (*)

Penulis : Tengku Bayu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.