Lindungi Anak Dari Covid-19, Ini Penjelasan Rustam

by -120 views
Kadinkes Dalduk dan KB Kota Tanjungpinang, Rustam
Kadinkes Dalduk dan KB Kota Tanjungpinang, Rustam
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Untuk melindungi buah hati kita (Anak) dari terpapar Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Kadiskesdalduk KB) Kota Tanjungpinang Rustam menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan program sehat.

“Sebelum jatuh sakit, ada 2 tingkat pencegahan yang bisa dilakukan,” katanya kepada awak media ini, Senin (23/03/2020) malam di Tanjungpinang.

Pertama kata Rustam, apa yang disebut health promotion. Bentuknya bisa peningkatan stamina tubuh dan lainnya adalah mengurangi kemungkinan terpapar oleh virus.

Lanjut Dia, seperti peningkatan stamina tubuh bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, aktifitas fisik yang tertair dan terukur termasuk konsumsi vitamin C.

“Menghindari paparan virus bisa dilakukan dengan social distancing, menjaga etika batuk, menjauhi kerumunan, melakukan Desinfeksi, cuci tangan pakai sabun dan lainnya,” terang Rustam.

Kemudian tambah Rustam, yang kedua disebut Specifict protection. Bentuk tindakannya antara lain adalah pemberian imunisasi seperti yang biasa dilakukan oleh pemerintah kepada anak anak usia dini.

“Sayangnya, itu masih sedang diteliti, dan dikembangkan oleh para ahli. Sehingga belum bisa kita dapatkan untuk melindungi diri kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi Kepri Tjep Tjep menuturkan, tugas kita adalah bagaimana mengajak semua lapisan masyarakat kepri untuk betah di rumah.

“Hanya dengan cara itu kita akan memutus rantai penularan, jika dibiarkan, ribuan APD tiada guna sama sekali,” katanya. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.