Lis: Budaya Tradisional di Tanjungpinang Perlu Dipelihara

by -196 views
Lis saat menghadiri acara malam dana pentas seni Ceng Beng
Lis saat menghadiri acara malam dana pentas seni Ceng Beng

Tanjungpinang, (MK) – Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah menghadiri acara malam dana pentas seni Ceng Beng di Vihara Guna Vijaya Jalan Ir. Sutami Tanjungpimang, Sabtu (2/4) malam.

Pada acara itu juga turut hadir Kapolres Tanjungpinang, AKBP Kristian Parluhutan Siagian, dan Kepala Kesbangpolpenmas Kota Tanjungpinang, Drs. Wan Kamar.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah menyebutkan, sembahyang leluhur dikalangan masyarakat Tionghua merupakan budaya turun – temurun untuk memberikan keselamatan dan reinkarnasi yang baik bagi leluhurnya.

“Budaya tradisional ini perlu dipelihara dan dipertahankan, dengan begitu generasi kedepan tidak akan meninggalkan budaya leluhurnya,” ucap Lis.

Dia mengutarakan, tradisi sembahyang yang dilakukan etnis Tionghua ini merupakan kebersamaan dari nilai – nilai budaya tradisonal. Sembahyang yang disertai pentas seni Ceng Beng ini adalah bagian yang tak terlepaskan dari budaya masyarakat Tionghua.

“Ini merupakan bentuk dari masyarakat Tionghoa yang selalu menghargai dan menghormati leluhurnya,” ujar Lis.

Dia berharap, di tahun Monyet Api ini mudah – mudahan ekonomi masyarakat Tanjungpinang akan lebih baik lagi, masyarakat juga bisa berusaha lebih baik, serta menghasilkan rezeki yang melimpah.

Acara yang dihadiri Kepala Vihara dan seluruh etnis Tionghua ini juga, dihibur dengan penampilan artis lokal Tionghoa, tarian Melayu, serta pentas seni dan budaya Ceng Beng. Disamping itu, acara semakin meriah, ketika Wali Kota Tanjungpinang dan Kapolres Tanjungpinang berduet membawakan lagu mandarin. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.