Lis Dan Syahrul Buka MTQ Kecamatan Tanjungpinang Barat

by -267 views
Lis saat menyampaikan kata sambutannya pada pembukaan MYQ Kecamatan Tanjungpinang Barat
Lis saat menyampaikan kata sambutannya pada pembukaan MYQ Kecamatan Tanjungpinang Barat

Tanjungpinang, (MK) – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah – Syahrul membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 10 tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat di halaman Badan Perpustakaan Arsip dan Museum Daerah Kota, Jum’at (18/3) malam.

Pembukaan MTQ tersebut ditandai pemukulan bedug oleh Ketua LPTQ Kota Tanjungpinang yang juga Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul bersama Wali Kota Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

Pada kesempatan itu juga, turut hadir Ketua TP – PKK, Hj. Yuniarni Pustoko Weni SH, Ketua GOW, Juariah Syahrul, Anggota DPRD, Camat, serta Lurah.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kecamatan Tanjungpinang Barat yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan begitu megah.

“MTQ pertama kali dimulai di tingkat nasional pada tahun 1978
di Makasar, dan MTQ biasanya dimulai dari tingkat kecamatan,” ucap Lis.

Namun tiga tahun ini, kata dia, Kota Tanjungpinang memulai pelaksanaan MTQ dari tingkat kelurahan.

“Ini kita lakukan, bahwa masih banyak potensi anak – anak di
kelurahan yang bisa kita perdayakan. Tentunya bisa menyaring Qori dan Qoriah untuk ikut MTQ di tingkat Kecamatan. Dengan begitu qori dan qoriah kita dapat terseleksi dengan baik,” ujarnya.

Lis berharap, pelaksanaan MTQ di tingkat kelurahan sampai tingkat kecamatan mudah – mudahan dapat melahirkan qori dan qoriah yang akan mampu bersaing di tingkat kota, provinsi hingga tingkat nasional.

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd menyampaikan, Kecamatan Tanjungpinang Barat adalah kecamatan pertama yang melaksanakan MTQ di tingkat kecamatan.

“Sedangkan, jadwal pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur, pada tanggal 20 maret, Kecamatan Bukit Bestari 23 maret, dan Kecamatan Tanjungpinang Kota pada 28 Maret mendatang,” ujar Syahrul.

Dia mengutarakan, pelaksanaan MTQ yang dilakukan di setiap kelurahan dan kecamatan dari tahun ke tahun semakin memiliki perkembangan dan inovasi, baik itu dari tampilan kemegahan astaka maupun qori dan qoriahnya.

“Suatu inovasi yang sangat baik, dari mimbar, tilawahnya, dan ini menjadi kategori penilaian kita. Kecamatan yang terbaik dan menampilkan sesuatu yang baru pada pelaksanaan MTQ,” ucapnya.

Dia berharap kepada dewan hakim untuk memilih yang terbaik dari yang baik – baik untuk ditampilkan pada MTQ tingkat kota maupun provinsi.

“Kepada Qori dan Qoriah, selamat bertanding, tampilkan yang terbaik dalam ajang MTQ ini,” katanya.

Sebelumnya, Camat Tanjungpinang Barat, Boby Wira Satria mengatakan, pelaksanaan MTQ ini bukan sekedar acara seremonial saja, tapi bermanfaat sebagai sarana dakwah Qurani.

“Disamping itu juga dapat memahami kandungan isi Al – Qur’an, sehingga dapat menciptakan generasi yang Qur’ani dan berakhlak mulia di Kota Tanjungpinang, khususnya Tanjungpinang Barat,” ucapnya.

Dia mengemukakan, MTQ tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat diikuti 32 kafilah dan akan mengikuti cabang lomba Tilawah Al – Qur’an, Tartil Qur’an, tingkat anak – anak, remaja dan dewasa, serta lomba kompang dan marawis.

“Kepada dewan hakim, agar melaksanakan tugasnya dengan jujur, adil dan profesional,” katanya.

Tahun ini, kata Boby, pelaksanan MTQ berbeda dari tahun sebelumnya, mulai dari tempat pelaksanan juga menampilkan devile dari 120 kafilah dari masing – masing kelurahan, dan stand bazar dari ibu – ibu PKK Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Acara lebih meriah lagi, ketika Wali Kota memberi quis kepada masyarakat yang hadir, bagi yang bisa menjawab diberikan hadiah, kemudian ada pencabutan undian doorprize.

Tema MTQ Kecamatan Tanjungpinang Barat tahun 2016 ini adalah dengan MTQ kita wujudkan generasi Qur’ani dan berakhlak mulia. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.