Lis: Jadikan Musrenbang Sebagai Forum Keinginan Masyarakat

by -180 views
Lis saat buka Musrenbang tingkat Kota Tanjungpinang
Lis saat buka Musrenbang tingkat Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, (MK) – Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbag) tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2016 di Ballroom CK Hotel Tanjungpinang, Rabu (6/4).

Acara yang mengangkat tema “Penguatan dan Peningkatan Kualitas Pembangunan Daerah di Berbagai Bidang dalam Rangka Pencapaian Visi Misi Kota Tanjungpinang 2013 – 2018 Menuju Tanjungpinang Gemilang” itu digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH menyampaikan forum Musrenbag ini jangan dijadikan sebagai acara seremonial.

“Tetapi jadikan forum ini sebagai forum perencanaan untuk menyelaraskan keinginan – keinginan masyarakat Tanjungpinang pada tahun 2017 mendatang,” ucap Lis.

Dia mengutarakan, strategi perencanaan daerah dimasa pemerintahannya bersama Syahrul mengacu pada visi Kota Tanjungpinang yang kemudian diselaraskan melalui pemanfaatan secara optimal keunggulan potensi sumberdaya alam dan posisi strategi kota, pengembangan investasi, ekonomi kerakyatan, aktivitas politik, sosial, budaya, penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan.

“Pembenahan dan mengembangkan infrastruktur fisik kota, baik kualitas maupun kuantitas, serta peningkatan kemitraan Pemko dengan seluruh elemen masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang guna peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Menurut Lis, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2017 ini merupakan dokumen rencana pembangunan tahunan kelima dalam RPJMD Kota Tanjungpinang tahun 2013 – 2018.

“Pelaksanaan Musrenbang ini adalah momentum optimalisasi pencapaian target – target kinerja pembangunan yang tertuang didalam RPJMD tersebut,” katanya.

Dia mengemukakan, dari delapan misi yang diusung didalam RPJMD selama tiga tahun terakhir (2013 – 2015) ada empat misi yang sudah berada pada track yang bagus.

“Namun empat misi lainnya masih harus diperjuangkan lebih keras lagi, capaian kinerja daerah mencapai 65,09 persen,” paparnya.

Untuk target – target yang sudah tercapai, Lis mengucapkan terimakasih kepada semua unsur pemerintahan, masyarakat, para pemangku kepentingan serta dunia usaha atas kerja keras yang mendukung perencanaan, program pemerintah daerah.

“Maka, saya berharap, target RPJMD ini dapat mencapai 85 persen,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd menyampaikan, untuk tahun 2017 ada beberapa program kerja prioritas yang akan berjalan diantaranya program rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah SD, SMP, dan SMA, Puskesmas Seijang dan Puskesmas lainnya.

“Pembangunan pusat kuliner Tanjungpinang, sebagai optimalisasi pelayanan publik Pemko akan membangunan gedung pemerintahan, baik gedung lima lantai di Senggarang, gedung kecamatan, kelurahan, pembangunan jembatan Tanjungunggat – Kampung Bulang dan jembatan Madong – Sei Nyirih, prioritas pembangunan banjir, revitalisasi kawasan penyengat sebagai kawasan heritage, serta program pemberdayaan masyarakat di 18 kelurahan Se – Kota Tanjungpinang,” papar Syahrul.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Tanjungpinang, Drs. H. Hamalis menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang ini sebelumnya melalui proses pembahasan di tingkat kelurahan dan kecamatan dengan hasil keluaran dari pembahasan yaitu, kesepakatan antara pemerintah daerah dan stakeholder tentang program dan kegiatan prioritas daerah dalam pencapaian agenda pembangunan tahun 2017.

“Selain itu, penyempurnaan rancangan awal RKPD 2017 dan daftar program kegiatan yang disepakati secara musyawarah untuk setiap bidang pembahasan,” ucapnya.

Pelaksanaan Musrenbang tahun ini, lanjutnya, dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian pertama merupakan sidang pembahasan dengan menggunakan metode desks atau pra Musrenbang yang sudah dilaksanakan sejak 4 April 2016 lalu.

Musrenbang tersebut diikuti, Bappeda Provinsi Kepri, Asisten, Staf Ahli, unsur SKPD, Camat, Lurah, di lingkungan Pemko Tanjungpinang. Hadir juga Anggota DPRD Provinsi Kepri, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, LPM, Akademisi, serta tokoh masyarakat. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.