Lomba Bercerita, Pemkab Natuna Telah Komitmen Terhadap Bidang Pendidikan

by -131 views
Hj Ngesti Yuni Suprapti Saat Menyampaikan Sambutannya Diacara Lomba Bercerita
Hj Ngesti Yuni Suprapti Saat Menyampaikan Sambutannya Diacara Lomba Bercerita
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Wakil Bupati Natuna Hj. Ngesti Yuni Suprapti membuka Lomba Bercerita bagi siswa SD/ MI tingkat Kabupaten Natuna tahun 2019 di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Natuna, Rabu 19 Juni 2019 pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Natuna, Asisten, OPD, Guru pendamping dan para peserta lomba cerita.

Acara ini mengambil tema “Menumbuhkembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal Dalam Upaya Membangun Karakter, Kecerdasan, Kreatifitas dan Inovasi Generasi Muda Indonesia”.

Pemenang Lomba Bercerita Tingkat kabupaten dan provinsi Tahun 2017, Yoga Febrianto Saat Bercerita
Pemenang Lomba Bercerita Tingkat kabupaten dan provinsi Tahun 2017, Yoga Febrianto Saat Bercerita

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Natuna, Ir Basri mengatakan lomba bercerita merupakan salah satu cara, agar anak gemar membaca. Selain itu juga akan menumbuhkan rasa menghormati dan menanamkan rasa kebangsaan kepada negara.

Lebih lanjut Ir Basri mengatakan, acara ini dibuat berjenjang dan akan dilombakan pada tingkat kabupaten, provinsi dan pusat.

Salah satu tujuan lomba ini adalah mencerdaskan generasi muda dan menumbuhkan mental untuk tampil dan bersaing di depan umum.

“Acara ini kami buat disini. Bukan di hotel, agar masyarakat Kabupaten Natuna lebih mengenal gedung ini sebagai perpustakaan daerah. Saya takutnya, orang dari luar yang lebih tahu tentang gedung ini dan anak-anak, tapi kita sebagai orang dewasa tidak tahu dimana gedung perpustakaan daerah. Ada 7 peserta dari tujuh kecamatan. Mudah-mudahan tahun ini, Kabupaten Natuna sampai di tingkat nasional. Kalau ada kekurangan dalam acara ini saya memohon maaf,” papar Ir Basri.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ngesti Yuni Suprapti mengatakan Kabupaten Natuna telah berkomitmen terhadap bidang pendidikan dengan menumbuhkankembangkan anak-anak generasi muda di Kabupaten Natuna.

Ia berharap, sinergitas antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Natuna dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah dapat mengembangkan minat anak dalam segala hal.

Foto Bersama Usai Acara Lomba Bercerita
Foto Bersama Usai Acara Lomba Bercerita

“Dengan lomba ini, harapan kita dapat memunculkan anak-anak yang berkarakter sehingga bisa diandalkan oleh keluarga, masyarakat dan negara. Jangan sepele dengan kegiatan membaca, gemar membaca bisa memberikan motivasi dan membuka cakrawala baru bagi anak-anak kita dengan kreatifitas dan pengayaan dalam kehidupannya,” ujar Ngesti.

Oleh karena itu, menurutnya, perlu adanya kegiatan kesinambungan dalam memberikan tuntunan ilmu kepada anak-anak. Penanganan anak-anak bukan hanya kepada guru dan lingkungan sekolah, tapi peran orang tua juga sangat penting dalam menumbuhkan karakter.

“Kita harap, acara ini dapat meningkatkan minat baca dan kecintaan para generasi muda terhadap budaya lokal. Ini aset yang harus dijaga, jangan sampai hilang dimakan jaman,” imbuh Ngesti.

Pada kesempatan tersebut, Yoga Febriyanto pemenang lomba bercerita tingkat kabupaten dan provinsi tahun 2017 berkesempatan untuk bercerita dengan judul ‘Hikayat Dewa Mendu’ dengan unik dan menarik. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.