LPDB Alokasikan Dana Bergulir Rp100 Miliar Untuk UKM Kepri

by -319 views
Pemukulan Gong pada acara LPDB
Pemukulan Gong pada acara LPDB

Tanjungpinang, (MK) – Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang merupakan lembaga dibawah Kementerian Koperasi dan UKM ini mengalokasikan dana bergulir sebesar Rp100 miliar untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Provinsi Kepulauan Riau.

Direktur Utama LPDB – KUMKM, Kemas Danial melalui siaran persnya menyampaikan, LPDB – KUMKM ini merupakan satuan kerja Kementerian Koperasi dan UKM.

“Lembaga ini bertugas mengelola dana bergulir dalam bentuk pinjaman atau pembiayaan dengan bunga rendah kepada Koperasi dan pelaku UKM,” ucapnya, Minggu (21/2/2016).

Sebelumnya, Kemas bersama jajarannya melakukan sosialisasi dan Walk – in Assessment Dana Bergulir LPDB di Provinsi Kepulauan Riau, pada hari Kamis, 18 Februari 2016 di Hotel Planet Holiday.

Kemas mengaku, memlilih Provinsi Kepulauan Riau sebagai tempat pelaksanaan sosialisasi ini, karena Kepulauan Riau salah satu dari 10 provinsi dengan penyerapan dana bergulir terendah.

“Melalui sosialisasi ini, diharapkan penyerapan dana bergulir di Kepulauan Riau bisa meningkat,” katanya.

Kemas mengutarakan, secara akumulasi penyerapan dana bergulir LPDB Kemenkop UKM di Propinsi Kepulauan Riau hanya sebesar Rp19,71 miliar atau hanya 0,28 persen dari total penyaluran dana bergulir sebesar Rp6,95 triliun.

“Tahun ini, LPDB – KUMKM mengalokasikan dana Rp100 miliar untuk Provinsi Kepulauan Riau. Sedangkan bunga yang ditetapkan relatif murah, yakni hanya 4,5 persen per tahun sliding atau hanya 2,5 persen per tahun flat bagi Koperasi dan UKM yang bergerak di sektor riil,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Amhar Ismail menjelaskan, kelesuan perekonomian yang disebabkan kondisi ekonomi global menjadi faktor melambatnya perputaran roda perekonomian di Kepulauan Riau.

Amhar mengharapkan para pelaku Koperasi dan UKM di Kepulauan Riau dapat memanfaatkan kesempatan sosialisasi LPDB ini, untuk kemudian dapat mengajukan pinjaman atau pembiayaan kepada LPDB – KUMKM. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.