LPM dan Masyarakat Goro Bersihkan TPU Desa Pantai Harapan

by -121 views
Sejumlah Warga Saat Goro Membersihkan TPU Kampung Teluk Mengkerang. Foto Effendi
Sejumlah Warga Saat Goro Membersihkan TPU Kampung Teluk Mengkerang. Foto Effendi

Lingga, (MetroKepri) – LPM Desa Pantai harapan bersama sejumlah masyarakat dan pemuda yang tergabung dengan masyarakat berbondong-bondong melakukan gotong royong (Goro) membersihkan tempat pemakaman umum (TPU) Kampung Teluk Mengkerang Desa Pantai Harapan, Kecamatan Selayar, Senin (23/01/2023).

Suasana dihari libur ini dimanfaatkan oleh Ketua LPM Desa Pantai Harapan Mahawani untuk bergotong royong membersihkan tempat pemakaman umum yang turut dihadiri oleh Kades Pantai Harapan Firman, Ketua RT, RW dan masyarakat setempat.

Ketua LPM Mahawani mengatakan goro yang dilaksanakan pihaknya bersama masyarakat ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H tahun 2023.

“Setiap menyambut bulan suci Ramadhan, kami masyarakat di kampung ini selalu mengadakan gotong royong di tempat pemakaman yang ada di kampung kami. Ini kami persiapkan bagi masyarakat yang ingin ziarah pasti ada. Makanya kami goro disini,” ucap Mahawani di TPU Kampung Teluk Mengkerang.

Goro yang dimulai sejak pukul 09.52 WIB ini juga disambut antusias oleh pemuda dan masyarakat. Sejumlah alat yang dibawa seperti parang dan alat mesin rumput digunakan untuk membersihkan area sekitar TPU agar dapat kembali bersih.

“Kegiatan seperti ini, kami dari anggota LPM Desa juga InsaAllah akan meluangkan waktu untuk membersihkan tempat tempat pemakam lainnya yang ada di desa kami ini menjelang bulan suci Ramadhan tiba,” katanya.

Terpisah, Kepala Desa Pantai Harapan, Firman mengatakan kegiatan membersihkan makam ini sudah biasa dilakukannya bersama warga lainnya.

“Selain itu juga bisa sekalian silaturahmi dengan warga lainnya,” ucap Firman.

Menurutnya, kegiatan membersihkan TPU ini sebagai bentuk menghargai anggota keluarga yang telah meninggal dunia dan menjaga tradisi gotong royong.

“Supaya makam tetap bersih saja,” imbuhnya. (*)

Penulis: Effendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.