Masuk Tahap II, Kejari Natuna Terima Barang Bukti 11 KIA

by -128 views
Penandatanganan berita acara penyerahan barang bukti KIA yang dilaksanakan di Pos AL Sabang Mawang
Penandatanganan berita acara penyerahan barang bukti KIA yang dilaksanakan di Pos AL Sabang Mawang

Natuna, (MetroKepri) – Raut wajah Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Natuna, Imam MS Sidabutar SH,MH terlihat serius kala berdiri di halaman kantornya.

Sambil menatap empat kendaraan dinas yang sudah diparkir dengan rapi, ia mengarahkan jajarannya untuk bersiap menuju daerah Selat Lampa.

Bukan tanpa alasan, keseriusan di pagi itu ternyata untuk melaksanakan agenda penandatanganan penyerahan barang bukti Kapal Ikan Asing (KIA) hasil tangkapan TNI AL dan PSDKP sekaligus penitipan barang bukti, Senin 1 Maret 2021.

“Ada 11 KIA yang akan diserahkan kepada kami dan akan kami titipkan lagi, 10 KIA berbendera Vietnam dan 1 KIA berbendera Taiwan. Saat ini kami akan berangkat ke Pos AL yang ada di Sabang Mawang,” ucap pria berdarah batak ini.

Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejaksaan Negeri Natuna, M Albar yang ikut dalam rombongan membenarkan hal tersebut.

“Ini mau menuju kesana, Pak Kajari orangnya pekerja, kalau lagi kerja memang serius, tak ada istilah lambat,” kata M Albar.

Dengan waktu tempuh lebih kurang 1 jam, rombongan tiba di Fas Labuh AL dan diantar ke lokasi dengan menggunakan sea rider. Rombongan jaksa ini disambut langsung oleh Komandan Pos AL Sabang Mawang, Letda A. Rafik.

Tanpa menunggu lama, rombongan langsung melihat kondisi KIA yang tersusun rapi, tak jauh dari pelabuhan Pos TNI AL di Desa Sabang Mawang. Di sela-sela kegiatan, Imam M S Sidabutar mengatakan proses saat ini merupakan tahap II (penuntutan) KIA yang melakukan ilegal fishing dan ini merupakan tangkapan dari Lanal Natuna dan PSDKP Tanjung Kumbik. Selanjutnya, akan dilimpahkan ke pengadilan.

11 nahkoda yang diserahkan ke Kejari Natuna
11 nahkoda yang diserahkan ke Kejari Natuna

“Sesuai perintah dari Kajati Kepri, Hari Setiyono SH,MH untuk mengechek KIA sesuai berkas perkara yang ada, kemudian untuk segera dilimpahkan kepada persidangan Pengadilan Perikanan di Natuna. Nanti diputuskan apakah dilelang atau dihibahkan, semua tergantung dari putusan Pengadilan Perikanan Natuna nanti,” kata Imam.

Selain itu, Imam menambahkan ada 11 Nahkoda KIA yang akan diserahkan ke kejaksaan.

“Hari ini juga diserahkan,” katanya.

Untuk langkah kedepan dari perbuatan ilegal fishing yang dilakukan oleh KIA, pihak Kejaksaan Negeri Natuna akan berkoordinasi dengan TNI AL Natuna dan PSDKP.

“Kami siap melakukan penegakan hukum terhadap pencurian ikan karena ini berhubungan dengan kedaulan NKRI,” kata Imam.

Usai penandatangan berita acara di Pelabuhan Pos AL Sabang Mawang, rombongan Kejari Natuna kembali ke Ranai untuk melaksanakan kegiatan penyerahan 11 Nahkoda KIA ke Kejari Natuna.

Penandatanganan berita acara dihadiri langsung oleh penyidik TNI AL, penyidik PSDKP, Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Natuna dan disaksikan oleh Kajari Natuna, Kasi Pidum, Kasi PB3R serta Kasintel. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.