Memasuki Tahap II Termin II, 1344 Orang Telah Divaksin

by -46 views
Pj Sekda Natuna Hendra Kusuma
Pj Sekda Natuna Hendra Kusuma

Natuna, (MetroKepri) – Di tengah kesibukannya hendak memimpin rapat, Penjabat (Pj) Sekda Natuna Hendra Kusuma mengatakan Kabupaten Natuna rencananya akan memasuki tahap II termin II untuk vaksinasi Covid – 19.

“Kalau tidak salah minggu ketiga bulan maret ini, mudah-mudahan sesuai dengan yang direncanakan. Total yang sudah divaksin itu sekitar seribu tiga ratusan lah, untuk lebih pastinya coba tanya ke Pak Hikmat,” kata Hendra Kusuma, Senin 15 Maret 2021.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah
Plt Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah

Walau Natuna sempat menjadi zona kuning, namun saat ini telah kembali menjadi zona hijau. Meskipun sudah kembali menjadi zona hijau, Hendra berharap masyarakat jangan lengah dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Intinya kita jangan lengah, tetap ikuti protokol kesehatan,” ujarnya.

Mengenai berita hoax yang beredar di tengah masyarakat, baik yang beredar di media sosial maupun dari mulut ke mulut, Hendra menginginkan agar masyarakat khususnya di Kabupaten Natuna untuk lebih bijaksana dalam menerima informasi yang beredar.

“Yang harus dipahami masyarakat, pemerintah tidak mungkin melukai masyarakatnya sendiri. Jadi jangan takut, vaksin ini aman dan halal,” katanya.

Terpisah, hal senada juga disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah. Saat dijumpai di ruangan kerjanya, ia mengatakan vaksinasi tahap II termin II direncanakan minggu ke tiga bulan Maret ini dengan sekitar 100 vial untuk 900 orang.

“Sasarannya pelayan publik seperti PNS, pedagang pasar dan yang lainnya. Jadi, belum tentu semua disuntik karena vaksinnya terbatas. Pada tahap II termin I kemarin, yang datang 90 vial tapi hanya untuk 450 orang, yang sudah disuntikkan 250 orang dan prosesnya masih berlanjut sampai sekarang,” kata Hikmat.

Salah satu proses vaksinasi yang diikuti oleh Dandim 0318 Natuna, Letkol (Arm) Asep Ridwan SH.M.Han
Salah satu proses vaksinasi yang diikuti oleh Dandim 0318 Natuna, Letkol (Arm) Asep Ridwan SH.M.Han

Hikmat menjabarkan, pada tahap I dosis I sudah divaksin sebanyak 1096 orang dan tahap II dosis 1 sudah divaksin sebanyak 248 orang dengan total 1344 orang.

Untuk pelaksanaan suntikan vaksin, ada empat meja yang akan dilalui. Dimulai dengan pendaftaran, screening yang dilakukan dokter untuk pemeriksaan kesehatan dan apabila memenuhi syarat akan dilakukan suntikan vaksin.

“Apabila ada riwayat penyakit berat seperti jantung koroner, lupus, gangguan ginjal berat tidak akan divaksin. Ibu hamil ditunda untuk divaksin sampai ia melahirkan nanti,” katanya.

Setelah proses vaksinasi, Hikmat menjelaskan yang terpenting tidak ada kontraindikasi. Selama tahapan vaksinasi yang sudah terjadi sampai saat ini, efek samping yang ditimbulkan hanya efek ringan seperti pusing, demam dan pegal-pegal, tidak sampai berbahaya.

“Bagi lansia yang ingin ikut vaksinasi atau dapat undangan vaksinasi, bisa langsung datang ke fasilitas pelayanan kesehatan. Nanti akan discreening oleh dokter apakah bisa divaksin atau tidak,” kata Hikmat.

Hikmat berpesan, bagi yang sudah divaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

“Masyarakat jangan takut, Insya Allah vaksin ini aman dan halal,” imbuhnya. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.