Memutus Mata Rantai, Kota Batam Akan Terapkan Karantina Wilayah

by -505 views
Wali Kota Batam HM Rudi Didampingi OPD Saat Konferensi Pers
Wali Kota Batam HM Rudi Didampingi OPD Saat Konferensi Pers
Iklan Banner

Sembako Gratis Akan Dibagikan ke Warga

Batam, (MetroKepri) – Guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Covid-19 di Kota Batam, dalam waktu dekat ini Pemerintah Kota Batam bakal menerapkan karantina wilayah.

Rencana penerapan itu juga berdasarkan hasil kesepakatan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

“Kami sudah sepakat, untuk melakukan social distancing ini harus menyeluruh di Kota Batam,” papar Wali Kota Batam Rudi kepada sejumlah wartawan usai konferensi pers, Selasa (31/3/2020).

Social distancing ini, kata Rudi, untuk seluruh Kota Batam membutuhkan personil yang sangat banyak sekali.

“Maka untuk dua minggu kedepan, kita akan bagi per zona atau per wilayah supaya pihak pengamanan kita ini cukup untuk menangani sesuai dengan jumlah pengamanan sendiri,” ujarnya.

Dia mengutarakan pihaknya hanya mampu untuk tiga kecamatan. Maka zonanya akan dibagi tiga sehingga nanti kalau ini sudah jalan tentu ada permasalahan sosial lainnya. Maka itu harus dipenuhi. Pihaknya juga akan secepatnya meluncurkan pembagian sembako untuk masyarakat yang kurang mampu.

“Untuk itu masyarakat yang kurang mampu segera mendaftarkan dirinya dengan nomor telepon yang masih aktif,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah rapat di BP Batam dan mencoba mencarikan sembako.

“Karantina mandiri ini, maka akan bekerja dirumahnya sendiri tentu mereka butuh untuk makan selama dikarantina. Maka dengan sembako yang sudah disampaikan oleh Pak Wakil BP Batam yang saya minta dan tadi juga sudah disampaikan oleh Kepala Bea Cukai sepertinya kita sudah sepakat dan sepaham. Jadi untuk bulan kedepan ini sudah bisa dilakukan,” kata Rudi.

Wali Kota Batam H.M Rudi Saat Konferensi Pers
Wali Kota Batam H.M Rudi Saat Konferensi Pers

Masih kata dia, setelah pihaknya mendapat oderan sembakonya, maka baru bisa dijalan. Tentu adek-adek akan bertanya data akurat masyarakat yang bisa menerima sembako ini.

“Saya mohon kepada masyarakat Kota Batam, kalau yang mampu atau yang bisa menghidupkan dirinya sendiri, kalau boleh jangan berharap lagilah dari pemerintah. Karena pemerintah ini sudah berusaha tetapi uangnya terbatas,” ucapnya.

Selain itu, sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat tersebut terlebih dahulu pihaknya akan melakukan pendataan di setiap kecamatan baik maupun setiap kelurahan.

“Sehingga dalam pelaksanaan di lapangan nanti akan didata oleh Pak RT dan Pak RW, tokoh dan seluruh tim relawan kita. Jadi relawan kita betul-betul berhak serta berharap bahwa mereka betul-betul tidak mampu itulah yang mendaftarkan diri dengan memberikan nomor telepon yang masih aktif. Kalau sembako kita berikan maka karantina mandiri ini yang akan kita jalankan,” katanya.

Adapun jumlah bantuan sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat tersebut yakni beras, gula serta minyak goreng. Sembako yang akan dibagikan per KK yakni beras 10 kg, gula 3Kg, dan minyak goreng 2Kg.

“Itu untuk sebulan. Itu kita usahakan. Jadi yang pertama nanti untuk BP Batam sendiri. Uangnya bisa langsung dikucurkan, mudah – mudahan dalam waktu dekat ini akan kita mulai. Jadi nanti untuk ronde kedua baru lah dari Pemko Batam,” ucapnya (*)

Penulis : Rosjihan Halid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.