Menhub : Alokasi APBN Untuk Kepri Mendekati Rp1 Triliun

by -199 views
Menhub RI Jonan, saat berkunjung ke Gedung Daerah Tanjungpinang. Foto Ian

Tanjungpinang, (MK) – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Ignasius Jonan menyampaikan, alokasi dana investasi APBN untuk Provinsi Kepri tahun 2015 ini mendekati angka Rp1 triliun. Hal ini juga, atas adanya penambahan dana dari alokasi sebelumnya.

“Penambahan ini juga, untuk mempercepat pembangunan di Kepri agar bisa dilakukan sekali jalan,” ucap Jonan saat berkunjung ke Gedung Daerah Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (12/3).

Ia mengutarakan, awalnya, alokasi investasi untuk Kepri hanya Rp686 miliar. Namun, karena waktu itu Bapak Gubernur menyampaikan, bahwa itu terlalu kecil.

“Maka kita tambah lagi sebesar Rp306 miliar. Jadi seluruhnya mendekati Rp1 triliun,” kata Jonan.

Dana tersebut, kata Menhub, merupakan dana investasi dibidang perhubungan khusus untuk wilayah Kepri yang meliputi pembangunan perhubungan darat, udara dan laut, serta perangkat penunjangnya.

“Seperti masalah udara, jika semua bandara yang ada di Kepri setidaknya harus memiliki panjang runway minimal 2300 meter. Sehingga, bisa di darati oleh pesawat jet tanggung.

Hal ini juga, tegas Menhub, berlaku untuk bandara di Tanjungpinang, maupun bandara yang sedang akan di bangun, seperti di Letung, Tambelan dan sebagainya.

“Khusus untuk bandara, asal ada tanahnya saja, masalah pembangunannya biar kita yang nanggung. Kalau bandaranya semua bagus, panjangnya juga sesuai. Maka, diharapkan cost penerbangan menjadi murah,” tegas Jonan seraya meminta agar Pemerintah Provinsi Kepri segera mengusulkan apapun di bidang perhubungan yang akan di bangun.

Karena, Jonan tidak ingin penerbangan ini hanya melalui Jakarta terus. Kalau bias, semua bandara di Indonesia ini bisa di darati pesawat berbadan besar.

“Dengan demikian, Indonesia bisa lebih maju, tidak hanya bergantung pada satu bandara,” ucapnya. (Ian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.