Menuju Kemandirian Pangan, Beras ‘Cap Pak Tani’ Hasil Produksi Petani Natuna

by -85 views
Beras Asli Natuna Yang Sudah Dipacking
Beras Asli Natuna Yang Sudah Dipacking
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Beras asli Natuna dengan sistem packing, telah diproduksi sejak tahun 2017 oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Cipta Jaya Makmur.

Beras yang diberi label “Cap Pak Tani” ini memiliki berat 10 Kg/ karung.

Hal ini dikatakan oleh Mulyadi, salah satu penyuluh Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, melalui pesan singkat WhatsApp (WA), Minggu 10 Februari 2019.

Mulyadi menjelaskan, kalau beras sudah lama diproduksi, tapi belum sistem packing. Seiring waktu dan dilakukan berbagai inovasi untuk dipasarkan ke masyarakat, dipakailah sistem packing.

“Kelebihan beras ini, murni 100℅ tanpa pemutih, tanpa pengawet dan lainnya dengan rasa yang enak, wangi dan pulen,” papar Mulyadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Natuna, Tengku Fauzan Tambusai mengatakan, saat ini beras yang tersedia sekitar 700 Kg yang sudah dikemas dalam bentuk packing. Sedangkan yang masih belum digiling, dalam bentuk gabah kering sekitar 45 ton.

“Harga per kilonya Rp14.000. Walaupun agak sedikit mahal, paling tidak nantinya bisa disesuaikan dengan harga pasaran supaya petani kita bisa bercocok tanam kembali. Para petani dibantu oleh salah satu penyuluh Dinas Pertanian yang ada di Kecamatan Bunguran Batubi,” ujarnya melalui WA.

Untuk itu, pria yang akrab disapa Fauzan ini mengajak masyarakat Natuna untuk mencintai produksi daerah sendiri.

“Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang memberikan semangat buat para petani kita,” ucapnya.

Maaih kata Fauzan, dinasnya terus berupaya untuk menekan biaya produksi sehingga tidak membebani petani maupun konsumen, seperti memberikan bantuan alat mesin pertanian yang disalurkan ke masing masing UPJA dan penggilingan mesin RMU yang saat ini sudah ada di 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Bunguran Batubi dan Kecamatan Bunguran Tengah tepatnya di Air Lengit.

Selain itu, di tahun 2019 ini, Kabupaten Natuna mendapatkan lagi 27 unit alat mesin pertanian dari Kementerian Pertanian, hasil dari Rapat Koordinasi Teknik di Yogjakarta kemarin.

“Kami berharap kepada seluruh masyarakat Natuna bisa membantu para petani Natuna dengan membeli produksi pertanian yang sudah dihasilkan oleh petani. Sehingga para petani terbantu kesejahteraannya dan dapat meningkatkan ekonomi hidupnya, menuju kemandirian pangan Natuna kedepan,” imbuhnya. (Manalu)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.