MoU Dengan Dinkes, Satlantas Polres Bintan Luncurkan Aplikasi SIATAN

by -71 views
tan AKBP Bambang Sugihartono saat melaksanakan penandatanganan MoU
tan AKBP Bambang Sugihartono saat melaksanakan penandatanganan MoU
Iklan Banner

Bintan, (MetroKepri) – Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono melaksanakan Penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan serta Penjamin Kesehatan dalam penanganan kecelakaan lalu lintas terpadu di wilayah hukum Polres Bintan.

Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polres Bintan Desa Bintan Buyu Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Jum’at (06/03/2020) sekitar pukul 09.00 wib.

Pada kesempatan tersebut, AKBP Bambang mengucapkan terimakasih kepada tamu dan hadirin yang telah sedia hadir pada kegiatan forum penanganan kecelakaan lalu lintas terpadu.

“Penanganan pasca kecelakaan harus mengoptimalkan dalam hal pelayanan dari penyelenggara jaminan kesehatan kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan. Seperti, penjaminan pasca korban setelah rujukan,” katanya.

Untuk itu, Kapolres menjelaskan, saat ini Satlantas Polres Bintan sendiri telah membuat Aplikasi SIATAN (Sistem Aplikasi Terpadu Kegawatdaruratan 119 Bintan).

“Aplikasi ini sebagai sistem respon dan cepat tanggap dalam penanganan kecelakaan lalu lintas,” terangnya.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Bintan AKP Rendi Johan Prasetyo memberikan pemaparan tentang materi MOU dalam penanganan kecelakaan lalu lintas.

Antara lain materi yang disampaikan, pertama perbandingan data laka dari tahun 2017 – 2018 – 2019, ke-dua dikeluarkannya Pilar Pemerintah RUNK 2011 – 2035 INPES RI Nomot 4 Tahun 2013 Tentang Proram DAKI.

“Ke-3, Dalam UU No.22 Tahun 2009 tentang LLAJ disebutkan korban kecelakaan akan mendapatkan pelayanan prioritas dirumah sakit atau pun puskesmas,” katanya.

“Ke-Empat, Dalam PMK RI NO.141/PMK.02/2018 Tentang kordinasi antara penyelenggara jaminan kesehatan,” pungkasnya.

Diwaktu yang bersamaan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan Dr. H. Gama AK, pertama dirinya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Kapolres Bintan, Kasat Lantas serta seluruh tamu yang hadir pada kegiatan tersebut.

“Saya selaku Kadinkes Bintan selalu berupaya untuk mengoptimalkan pelayanan di rumah sakit dan puskesmas/tempat layanan kesehatan yang berada di wilayah Kabupaten Bintan kepada masyarakat di bidang kesehatan khususnya dalam penanganan kasus kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Dia juga merasa bangga terhadap inovasi dan kreasi yang dilakukan Kasatlantas Polres Bintan yang telah membuat Prototype Mobil Ambulance/Patroli serta sekarang juga telah membuat Aplikasi SIATAN sebagai upaya responsif dan cepaf tanggap dalam penanganan kecelakaan lalu lintas.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan kita pagi ini diberkahi Allah SWT dan bisa mengurangi angka korban akibat kecelakaan dalam berlalu lintas,” harapnya. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.