Murid SD 001 Tanjungpinang Timur Juara 1 Lomba Baca Teks Pancasila

by -7 views
Pemberian Hadiah Kepada Pemenang Lomba
Pemberian Hadiah Kepada Pemenang Lomba
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Hafiza Naura Salsabila murid SD 001 Tanjungpinang Timur berhasil meraih juara 1 lomba membaca teks Pancasila yang digelar oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepulauan Riau.

Juara dua diraih oleh Nesya Kirana Asyadia Awfa yang juga murid SD 001 Tanjungpinang Timur. Sementara untuk posisi ketiga diraih oleh Abida Ibnaty dari SD 003 Bukit Bestari Tanjungpinang.

Peserta lomba ini terbuka untuk umum bahkan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk lomba katagori SMP, Fathiya Mahfuda dari SMPN 1 Bangka Barat berhasil menggondol gelar juara, sementara juara II diraih Lolita Wiranda yang juga dari SMPN 1 Bangka Belitung.

Sementara posisi juara III jatuh pada Muhammad Husni Fathin Awfar dari Ponpes Al Fadlu 2.

Kepala BPNB Kepulauan Riau Toto Sucipto mengatakan kegiatan lomba ini sudah dimulai sejak 1 Juni 2020. Bahkan Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepulauan Riau menggelar beberapa rangkaian kegiatan lain yang bekerjasama dengan sanggar-sanggar seni, komunitas dan organisasi masyarakat.

“Untuk pembacaan teks Pancasila melalui video dilaksanakan selama sepekan mulai dari 22 hingga 29 Juni 2020. Pengumumannya dilaksanakan secara virtual melalui akun medsos facebook BPNB dan instagram BPNB Kepulauan Riau,” kata Toto Sucipto.

Menurut Toto Sucipto, pelaksanaan ini terpaksa dilaksanakan secara virtual karena saat ini masih suasana New Normal karena bangsa kita tengah dilanda pandemi covid-19.

“Meski pelaksanaannya secara daring, namun keterlibatan masyarakat khususnya generasi muda tetap dapat dirasakan untuk mengingat dan mengenang hari lahirnya Pancasila sebagai ideologi negara kita,” sebutnya dalam dialog sebelum pengumuman pemenang lomba.

Kata Toto Sucipto, salah satu kegiatan yang mendapat perhatian besar dari generasi muda adalah perlombaan hapalan teks Pancasila dengan kategori pelajar SD dan SMP.

“Setiap peserta mengirimkan hasil rekaman hapalan teks Pancasila kepada panitia dengan mengenakan seragam sekolah masing-masing. Hasil video kiriman peserta lalu dinilai oleh para dewan juri. Jumlah peserta pada kegiatan perlombaan ini cukup banyak, tidak hanya dari Kepulauan Riau tetapi diikuti oleh pelajar dari berbagai daerah. Sebanyak 86 peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan perincian peserta tingkat SD sebanyak 54 orang dan peserta tingkat SMP sebanyak 32 orang peserta,” ucapnya.

Tujuan perlombaan hapalan teks Pancasila ini, sambungnya, tidak hanya sekedar perlombaan, tetapi banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh masyarakat khususnya generasi muda. Diantaranya, mengingatkan kembali isi teks Pancasila serta menanamkan nilai-nilai yang terkandung didalam sila Pancasila.

“Selain itu juga memberikan kegiatan kreatif bagi para pelajar yang pada masa ini ditugaskan untuk belajar di rumah sehingga mereka mendapatkan kegiatan positif dan bermanfaat,” imbuhnya.

Kepala BPNB mengapresiasi kerjasama seluruh komunitas dan sanggar-sanggar seni yang membantu terlaksananya berbagai kegiatan dalam rangka hari lahir Pancasila tahun 2020 ini. beberapa kegiatan yang digelar diantaranya, konser daring Bintan Musik Comunity, Pembacaan Puisi Tema Pancasila dilaksanakan oleh Komunitas Pelantar Sastra Tanjungpinang, Pertunjukan Daring Musik Ghazal dilaksanakan oleh Warisan Budaya Penyengat, Lomba Hapalan Teks Pancaila dilaksanakan oleh SMSI Cabang Kepulauan Riau, Dendangan dan Diskusi Gurindam 12 dilaksanakan oleh Sanggar Seni Mahkota, Pertunjukan Makyong dilaksanakan oleh Yayasan Konservatori Seni, Pertunjukan Pantun Tema Pancasila oleh Rumah Pantun Tanjungpinang, Monolog dilaksanakan oleh Laman Budaya Semenanjung.

Rangkai kegiatan hari lahir pancasila ditutup dengan seremonial acara oleh Kepala BPNB Kepulauan Riau Toto Sucipto pada 29 Juni 2020 di aula BPNB Kepulauan Riau, sekaligus pengumuman pemenang lomba hapalan tes Pancasila oleh Dewan Juri diketuai oleh Faisal dari Balai Bahasa Kepulauan Riau dengan anggota Zakmi dari SMSI Kepri dan Zainal dari Dewan Kesenian Kepulauan Riau. (Red/ Rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.