Musrenbang, Usulan Masyarakat Bisa Diakomodir 40 Persen

by -229 views
Lis saat acara Musrenbang
Lis saat acara Musrenbang

Tanjungpinang, (MK) – Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah turut hadir dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang di gelar di aula Kantor Kecamatan Tanjungpinang Barat, Selasa (2/2).

Dalam Musrenbang tersebut, Lis menyampaikan, musyawarah yang melibatkan unsur masyarakat dan pemangku kepentingan untuk membahas skala prioritas pembangunan secara berjenjang.

“Mulai tingkat kelurahan, kecamatan, hingga tingkat Kota Tanjungpinang merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang harus didukung bersama,” ucap Lis saat memberikan pengarahan kepada peserta Musrenbang.

Menurut Lis, Musrenbang ini juga musyawarah masyarakat kemudian diakomodir oleh pemerintah dalam menyusun perencanaan pembangunan di Kota Tanjungpinang.

“Pelaksanaan Musrenbang dari tingkat kelurahan maupun tingkat kecamatan, tidak saja membahas mengenai permasalahan infrastruktur saja,” ujarnya.

Akan tetapi, kata dia, membahas dalam semua aspek seperti ekonomi, kesejahteraan rakyat, sosial, dan lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, semua usulan akan dicatat oleh SKPD kemudian diinventarisasi sesuai bidang, dan akhirnya akan disesuaikan dengan program yang dilaksanakan di masing – masing SKPD.

“Alhamdulillah, tahun lalu usulan masyarakat bisa kita akomodir sebanyak 30 persen, Insya Allah, tahun ini bisa diakomodir sebanyak 40 persen,” katanya.

Sebelumnya, Camat Tanjungpinang Barat, Boby Wira Satria mengatakan, musrenbang tingkat kelurahan sudah dilaksanakan dan sudah tersusun secara proritas.

“Usulan tersebut kita bahas kembali pada musrenbang tingkat kecamatan, pelaksanaan musrenbang ini kita lakukan berjenjang setiap tahunnya,” ujar Boby.

Boby mengutarakan, tahun ini pemerintah telah melakukan terobosan baru secara elektronik melalui aplikasi e – musrenbang. Aplikas ini sangat memudahkan masyarakat dalam menyampaikan usulan.

“Dengan begitu, masyarakat akan merasa terlibat dalam pembangunan, karena mereka memiliki kesempatan untuk mengontrol usulan mereka,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, Boby melakukan ekspos kepada seluruh peserta mengenai isu – isu proritas pembangunan di kecamatan. Penentuan proritas berdasarkan kriteria/ indikator, hingga pembangunan yang akan dilaksanakan Pemko ditahun ini.

“Seperti Gedung Gong – Gong, Masjid Apung, Food Court, dan revitalisasi Stadion Sulaiman Abdullah,” katanya.

Dijadwalkan, pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan ini akan terus berlangsung. Kecamatan Tanjungpinang Timur akan digelar pada 3 Februari 2016, Kecamatan Bukit Bestari pada 4 Februari, dan di Kecamatan Tanjungpinang Kota pada 5 Februari.

Pada Musrenbag tingkat kecamatan itu juga, turut hadir Asisten I Pemerintahan Kota Tanjungpinang, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Kepala SKPD, Camat, serta Lurah, di lingkungan Pemko Tanjungpinang serta Ketua RT/ RW, LPM, dan tokoh masyarakat. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.