Panwaslu: Belum Ada Laporan Pelanggaran Pilkada Bintan

by -268 views
Perolehan Suara di TPS
Perolehan Suara di TPS

Bintan, (MK) – Dua hari pasca pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bintan mengaku belum mendapatkan laporan adanya indikasi pelanggaran selama pemilihan berjalan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bintan, Ondi Dobi Susanto mengatakan, hingga saat ini rekapitulasi penghitungan suara ditingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan belum mendapatkan laporan terkait adanya pelanggaran dalam pelaksanaan tahapan Pilkada di Bintan.

“Sampai saat ini, saya belum mendapatkan laporan baik dari petugas lapangan kami atau masing – masing dari kedua tim yang melaporkan kejadian pelanggaran Pilkada,” ucap Ondi, Jum’at (11/12).

Meski belum mendapat laporan terkait dugaan pelanggaran saat Pilkada berlangsung, pihaknya ada mendapat kabar dari oknum salah satu pasangan calon, bahwa saat pelaksanaan Pilkada berlangsung kemarin ada salah satu pemilih yang sempat diperiksa bersama dengan Gakkumdu di kantor Panwaslu Bintan.

“Saat itu pemilih yang sempat diperiksa terkait dugaan pemalsuan identitas saat hendak memilih antara formulir C6 yang dibawa tidak sesuai dengan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang dimilikinya,” ujarnya.

Masih kata Ondi, setelah diperiksa bersama Gakkumdu ternyata warga tersebut memiliki hak pilih.

“Namun, saat datang ke TPS dia salah membawa kertas C6. Jadi dia terdaftar dalam DPTb – 2 atau pemilih tambahan yang menggunakan KTP dan KK, maka dari itu unsur dugaan pemalsuan identitas tidak ada,” katanya.

Sebelumnya, untuk penghitungan suara di PPK Kecamatan Bintan Pesisir, Kecamatan Sri Koala Lobam dan Kecamatan Gunung Kijang, ditemukan adanya hambatan lantaran saksi dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri nomor urut dua enggan menandatangani berita acara.

Untuk saat ini, dirinya belum bisa menjelaskan apa penyebab saksi dari pasangan calon nomor urut dua tersebut enggan tandatangan sehingga berita ini diposting. (NOVENDRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.