Pelaku UKM Bisa Pinjam Rp25 Juta Tanpa Agunan

by -375 views
Ilustasi pelaku UKM
Ilustasi pelaku UKM

Jakarta, (MK) – Guna menggerakkan sektor industri usaha kecil dan menengah (UKM), pemerintah menambah jumlah alokasi dana kredit usaha rakyat (KUR) menjadi Rp120 triliun pada 2016 ini. Bunga pinjaman KUR juga turun menjadi 9 persen. Sedangkan, bagi pelaku UKM bisa meminjam dana senilai Rp25 juta tanpa agunan.

Seperti dilansir detik.com, Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung ‎Gede Ngurah Puspayoga menyebutkan, ‎jumlah KUR pada tahun ini mencapai Rp120 triliun.

“Jumlah KUR akan ditambah 90 triliun pada tahun 2016 ini, yang sebelumnya tahun lalu 30 triliun,” katanya belum minggu lalu.

Dia mengutarakan, untuk menggerakkan perekonomian di ‎sektor UKM bunga pinjaman KUR juga akan ikut turun dilevel 9 persen yang sebelumnya ditetapkan 12 persen.

“‎Bunga KUR dulunya 12 persen turun menjadi 9 persen. Dengan penurunan bunga serta penambahan dana KUR, diharapkan sektor ekonomi UKM akan membaik,” ucapnya.

Dalam program KUR yang digelontorkan BRI, dikatakan Puspayoga, para pelaku industri kecil UKM bisa meminjam dana senilai Rp25 juta tanpa jaminan. Sedangkan untuk pinjaman diatas Rp25 juta hingga Rp500 juta akan disertakan agunan jaminan.

“Untuk pinjaman KUR Rp25 juta itu tanpa agunan dan nantinya akan dikenakan bungan pinjaman sebesar 9 persen,” katanya. (MK/detik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.