Pelantikan DKM Masjid Agung Al Hikmah, Rahma Resmikan ATM Beras

by -2 views
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma Foto Bersama Usai Peresmian ATM Beras
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma Foto Bersama Usai Peresmian ATM Beras
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP menghadiri acara pelantikan Dewan Kemakmuran Masjid Agung Al Hikmah Kota Tanjungpinang masa khidmat 2020-2023 dan disejalankan dengan peresmian ATM beras oleh Walikota Tanjungpinang di Masjid Agung Al-Hikmah, Senin (14/12/2020).

Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP dalam sambutannya mengatakan pergantian kepengurusan suatu organisasi atau regenerasi khususnya pada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Al-Hikmah Kota Tanjungpinang merupakan hal yang sangat mutlak dilakukan.

“Ini merupakan hal yang sangat mutlak untuk dilakukan karena berkaitan dengan peremajaan bagi organisasi serta ajang pembelajaran bagi anggota-anggota yang akan menjadi pengurus nantinya,” paparnya.

Rahma juga mengatakan masjid merupakan satu institusi sentral dalam peradaban Islam dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah umat Islam.

“Dari masjid tumbuh dan berkembang khazanah pemikiran dan keilmuan serta strategi pemberdayaan dan penguatan kapasitas umat Islam. masjid sejatinya selain menjadi basis ideologi dan spiritual umat Islam, juga berperan sebagai wahana untuk memfasilitasi berbagai upaya pemberdayaan dan penguatan kapasitas umat di bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya serta berbagai bidang lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Rahma menjelaskan Masjid Agung Al Hikmah pada awal berdirinya tahun 1956, telah banyak mengalami perubahan dan renovasi sehingga seperti bangunan yang sekarang ini.

Kemudian disampaikan juga bahwa sebagai upaya untuk mendukung keberadaan masjid di Kota Tanjungpinang berdasarkan keputusan Walikota Tanjungpinang nomor 416 tahun 2020 menetapkan Masjid Al Hikmah sebagai Masjid Agung Kota Tanjungpinang.

“Mudah-mudahan dalam usianya yang begitu matang yaitu mencapai 64 tahun dari mulai berdirinya Masjid ini, memberikan kesempatan kepada Dewan Masjid Indonesia dan Dewan Kemakmuran Masjid bersama-sama Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk berbuat bagi kemajuan dan peningkatan kualitas pengelolaan masjid ini dan dapat menjadi masjid kebanggaan masyarakat Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Rahma berharap kepada seluruh pengurus DKM Masjid Agung Al Hikmah Kota Tanjungpinang agar dapat senantiasa memberdayakan masjid untuk melakukan upaya edukasi kepada umat muslim melalui dakwah dalam rangka peningkatan karakter dan moral umat muslim dalam berbangsa, bernegara dan bermasyarakat utamanya kepada generasi muda.

Ia juga berharap Dewan Kemakmuran Masjid mampu mendorong masjid agar dimanfaatkan tidak hanya sebagai sarana ibadah, namun juga dapat dijadikan sarana pendidikan, baik pendidikan tahfidzul Quran (Hafalan Quran) dan (Tahsinul Quran (Memperbaiki Kualitas Bacaan Quran) maupun pendidikan dasar formal.

“Kita mengharapkan Dewan Kemakmuran Masjid mampu memberdayakan masjid sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan minat, bakat dan keterampilan generasi muda melalui pelatihan kepemimpinan, manajemen dan keterampilan bagi pemuda remaja masjid diharapkan juga DKM mampu mendorong masjid dalam penciptaan kemakmuran umat muslim melalui optimalisasi zakat, infaq, shadaqah bekerjasama dengan baznas serta melalui pengembangan usaha yang berbasis syariah (seperti Baitul Maal Wat Tamwil/BMT) di kalangan masjid taklim sehingga dapat lebih optimal membantu maupun memberdayakan kaum dhuafa utamanya anak-anak terlantar,” harapnya.

Rahma mengungkapkan Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama Baznas Kota Tanjungpinang akan merealisasikan zakat-zakat yang telah dikumpulkan oleh umat Islam Kota Tanjungpinang yang diantaranya juga ASN Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam bentuk ATM beras.

“Program pengadaan ATM beras ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk mempermudah mustahik dan kaum duafa mudah mendapatkan beras, disamping untuk mengajak mustahik itu sendiri untuk meramaikan masjid dan melakukan sholat subuh berjamaah, maka setelah subuh berjamaah baru bisa mengambil beras di ATM beras yang telah disediakan,” ungkapnya.

Kerjasama antara Baznas bersama Pemerintah Kota Tanjungpinang ini kedepannya akan terus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Tanjungpinang.

Diakhir sambutannya, Rahma menyampaikan pesan kepada DKM yang baru agar dapat menjalankan amanah dengan baik.

“Saya ucapkan selamat kepada Dewan Kemakmuran Masjid Agung Al Hikmah yang baru, semoga dapat menjalankan amanah dengan baik,” tutupnya.

Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP kepada Ketua Umum DKM, H. Abdul Razak AB. Bantuan tersebut berupa 30 Buah Al-Qur’an, 30 Buah Sarung dan 30 Buah Mukena. Acara ditutup dengan peresmian ATM beras oleh Walikota Tanjungpinang. (Red/ Rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.