Pembentukan BNN Kabupaten Natuna Tunggu Keputusan MenPAN – RB

by -262 views
Kepala BNN Provinsi Kepri Richard Nainggolan Usai Acara Talk Show di Natuna. Foto MANALU
Kepala BNN Provinsi Kepri Richard Nainggolan Usai Acara Talk Show di Natuna. Foto MANALU
Iklan Banner

Natuna, (MK) – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepri, Brigjen Pol Richard Nainggolan menghadiri acara talk show peran pemuda dalam upaya memerangi penyalahgunaan narkoba di perbatasan.

Acara yang disambut positif oleh Brigjen Pol Richard Nainggolan ini dilaksanakan di Gedung Sri Serindit, Rabu (25/4/2018) pagi.

Acara ini diprakarsai oleh Komunitas Jomblo Kreatif (KJK), Jaringan Jurnalistik Indonesia (JJI), Komunitas Muda Natuna (Komuna) dengan menggandeng Pemda Natuna, FKPD dan dihadiri oleh ratusan pelajar dan mahasiswa.

Kepala BNN Provinsi Kepulauan Riau Brigjen Pol Richard Nainggolan menyampaikan bahwa banyaknya pengguna narkoba di Indonesia 24 persen diantaranya adalah pelajar, sehingga Presiden Jokowi menyatakan Indonesia darurat narkoba.

Untuk itu pertahanan wilayah perbatasan sangat perlu ditingkatkan, terutama wilayah Natuna.

Menurutnya, salah satu pencegahan yang dilakukan adalah melalui kurikulum pendidikan, tapi sayangnya tidak semua daerah menerapkannya.

Untuk itu, Richard berharap kepada instansi terkait agar membuat modul pendidikan akan bahaya narkoba, serta melakukan sosialisasi kepada guru – guru dan para pelajar di sekolah.

Lebih lanjut dia mengatakan, Kabupaten Natuna rawan dan sangat berpotensi terhadap peredaran narkoba, mengingat narkoba yang masuk ke Indonesia melalui perairan. Salah satu titiknya di Natuna yang merupakan daerah terluar dan berbatasan dengan negara lain.

“Perlu dijaga, sangat rawan dan potensinya tinggi di Kabupaten Natuna. Keberadaan BNN Kabupaten ini nantinya akan mempermudah rentang kendali penanganan narkoba,” katanya.

Untuk proses pembentukan BNN Kabupaten Natuna, Brigjen Pol Richard Nainggolan mengatakan masih menunggu keputusan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN – RB).

“Pihak BNN sudah mengajukan. Harusnya tahun ini dibentuk, tapi MenPAN yang memutuskan dan semua harus ada keputusan dari MenPAN,” pungkasnya.

Dilihat dari kondisi daerah Kabupaten Natuna yang terletak strategis di jalur lalu lintas laut internasional, tentunya Natuna menjadi salah satu daerah yang rentan akan peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Guna mendukung intruksi Presiden RI, Joko Widodo dalam memberantas narkoba, akhir tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Natuna telah menyiapkan lahan untuk pembangunan Kantor BNN Kabupaten Natuna.

Sekarang tinggal menunggu waktu dan keputusan dari MenPAN-RB, apakah BNN Kabupaten Natuna terbentuk tahun ini atau tahun depan untuk mendukung intruksi Presiden dalam menjaga daerah perbatasan dari peredaran narkoba. (MANALU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.