Pemilik Kios Km 8 Diberi Waktu Ajukan Permohonan

by -220 views
Anggota DPRD Tanjungpinang, Dapil Tanjungpinang Timur, Rahwa usai mengikuti rapat bersama pemilik kios batu 8 atas. Foto ALPIAN TANJUNG
Anggota DPRD Tanjungpinang, Dapil Tanjungpinang Timur, Rahwa usai mengikuti rapat bersama pemilik kios batu 8 atas. Foto ALPIAN TANJUNG

Tanjungpinang, (MK) – Dinas Tata Kota dan Pengawasan Bangunan Kota Tanjungpinang memberi dispensasi kepada para pemilik kios di Km 8 atas untuk mengajukan permohonan ke Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang.

“Kami memberi waktu tiga hari kepada bapak dan ibu untuk segera mengurus administrasi dan permohonannya,” ujar Plt Kepala Bidang Pengawasan Bangunan Dinas Tata Kota Tanjungpinang, Eddi Rivana dalam rapat rencana penertiban kios bersama pemilik kios dan anggota DPRD Dapil Tanjungpinang Timur, Rahma di lokasi kios Km 8 atas, Senin (18/1).

Pada pertemuan dengan 11 pemilik kios Km 8 atas tersebut, Eddi meminta agar pemilik kios membantu pemerintah. “Sambil menunggu administrasi hingga Rabu (20/1), saya minta pemilik kios juga mengurus izin,” ucapnya.

Sebelumnya, pada rapat bersama dilokasi pemilik kios itu juga, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dari Dapil Tanjungpinang Timur, Rahma menyampaikan, para pemilik kios agar sepakat untuk mengajukan permohonan kepada Wali Kota Tanjungpinang agar dari 17 meter tersebut bisa didispensasi menjadi 15 meter dari as jalan.

“Ini sifatnya hanya bermohon, permohonan ini diterima atau tidak kita serahkan keputusan kepada Wali Kota Tanjungpinang,” kata Rahma.

Dia mengutarakan, permohonan tersebut diajukan secara tertulis dari para pemilik kios. “Dalam hal ini, saya hanya membantu dan memfasilitasi masyarakat. Kehadiran saya ini juga hanya memfasilitas apa yang bapak – bapak sampaikan,” ucapnya.

Pada pertemuan ini juga, kata Rahma, dirinya diundang oleh Pengurus Masjid Nurul Iman. Maka, dia berkoordinasi ke Dinas Tata Kota untuk mencari solusi yang terbaik untuk para pemilik kios.

“Timbulnya persoalan ini juga bukan karena saya, tetapi pada tahun sebelumnya sudah ada persoalan. Kalau saya tidak peduli dengan bapak – bapak, saya tidak akan hadir disini,” paparnya.

Jadi, kata Rahma, tanggapan masyarakat terkait persoalan kios ini bukan karenanya.

“Tanggapan itu salah. Sebagai wakil rakyat, saya memperhatikan masyarakat saya disini. Saya minta masyarakat menyelesaikan permasalahan ini dengan kepala dingin sehingga membuahkan hasil,” katanya.

Pada kesempatan itu, salah satu pemilik kios yang juga pedagang di Km 8 atas, Dedy berharap pemerintah memberikan dispensasi kepada mereka.

“Kami tidak mematokkan berapa meter yang didispensasi pemerintah. Usaha yang kami jalani ini hanya untuk anak isteri kami,” ucapnya.

Sementara, pemilik kios Km 8 lainnya mengaku mendukung pemerintah atas adanya penertiban seperti ini.

“Saya berharap teman – teman pemilik kios lainnya melakukan tugasnya masing – masing agar permasalahan ini dapat teratasi. Mari kita sama – sama menyiapkan administrasi tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Batu IX, Fery Andana menyampaikan, setelah panjang lebar pembahasan pada pertemuan hari ini pemilik kios diharapkan agar dapat memahaminya.

“Kios disini lebih istimewa. Maka saya harap bapak ibu koperatif,” ujarnya.

Dia mengatakan, seperti yang disampaikan tadi terkait penertiban. Jalan Haji Fisabillah ini termasuk jalan Nasional dan pengembangan disini cukup besar.

“Kita juga membantu bapak dan ibu berbagai upaya. Tambah lagi, bapak – bapak disini mendapat dispensasi dari Dinas Tata Kota,” papar Lurah Batu IX ini.

Selain itu, kata dia, yang perlu dijaga bersama itu adalah kebersihan. Mari sama – sama melakukan gotong royong untuk membersihan saluran pembuangan air disekitar sini.

“Disisi lain, kita juga harus legowo apabila tidak diizinkan. Saya harap, bapak – bapak segera mengajukan permohonan hingga Rabu (20/1) mendatang agar permohonannya bisa ditelaah,” katanya. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.