Pemkab Bintan Anggarkan Rp67 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

by -7 views
Bupati-Bintan-Apri-Sujadi-saat-melakukan-pembahasan-Realokasi-Anggaran-Percepatan-Penanganan-Covid-19-kabupaten-Bintan
Bupati-Bintan-Apri-Sujadi-saat-melakukan-pembahasan-Realokasi-Anggaran-Percepatan-Penanganan-Covid-19-kabupaten-Bintan
Iklan Banner

Bintan, (MetroKepri) – Pemerintah Kabupaten Bintan menganggarkan Rp67.429.000.000 dari APBD untuk penanganan wabah Virus Corona (Covid-19).

Besaran usulan rasionalisasi itu disepakati bersama OPD dan FKPD dalam rapat bersama di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Kamis (2/4/2020).

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, usulan rasionalisasi APBD itu akan segera dibawa ke DPRD Bintan untuk dibahas kembali. Jika DPRD menyetujui, maka akan segera disahkan dan digunakan untuk penanganan dan pemulihan wabah Covid-19 di Bintan.

“Rancangan rasionalisasi perubahan APBD 2020 itu, dihasilkan dari pemangkasan beberapa anggaran proyek fisik dan kegiatan. Maka tahun ini pemerintah akan membatalkan beberapa pembangunan hanya untuk Covid-19,” papar Bupati Bintan, Apri Sujadi usai pembahasan dengan ODP di Bintan.

Dari Rp67,429 miliar itu, lanjutnya akan digunakan untuk beberapa hal diantaranya untuk pemberian insentif bagi masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 sebesar Rp53 miliar dan sisanya Rp14,429 miliar untuk pencegahan, penanganan dan pemulihan ekonomi.

“Jadi selain anggaran yang kita siapkan untuk melawan Covid-19, juga ada alokasi anggaran untuk insentif masyarakat,” ujarnya.

Penerima insentif yang terdampak dari wabah virus tersebut juga tidak sembarangan. Melainkan harus memenuhi kriterianya sehingga tepat sasaran.

Ada beberapa keriteria yang bisa mendapatkannya antara lain masyarakat yang tidak mampu dan masyarakat yang terkena dampak langsung seperti yang terkena PHK serta tidak memiliki penghasilan tetap.

“Kita akan membuat kriteria penerimanya yang tepat. Sehingga penyaluran bantuan dana dan lainnya bisa berjalan lancar, sesuai aturan dan tepat sasaran,” pungkasnya. (Red/ Presmedia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.